Penerapan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) dalam Memilih Apartemen Berdasarkan Preferensi Masyarakat di Kota Surakarta

Atanasia Gretta Rida Kusuma Anggita, Setiono Setiono, Sugiyarto Sugiyarto

Abstract

Kota Surakarta merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang perkembangannya paling pesat. Dengan perkembangan yang demikian pesat, maka Kota Surakarta merupakan salah satu kota dengan pusat kegiatan perekonomian, perdagangan, pendidikan, kebudayaan, dan sektor informal lainnya. Keadaan ini di satu sisi menimbulkan masalah tempat tinggal bagi masyarakat tetapi di sisi lain merupakan peluang bagi kalangan developer atau pengembang untuk menyediakan sarana hunian dengan membangun apartemen yang dibutuhkan. Di sisi lain, karena perkembangan di berbagai sektor tersebut termasuk sektor investasi, banyak masyarakat yang memilih untuk berinvestasi dibidang properti di Surakarta yaitu dengan membeli apartemen lalu disewakan atau mengharapkan kenaikan harga yang signifikan saat mereka nanti menjualnya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi masyarakat dalam memilih apartemen dan mengetahui faktor yang paling mempengaruhi preferensi masyarakat dalam memilih apartemen di Kota Surakarta. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian terkait preferensi masyarakat dalam memilih apartemen. Dalam penelitian ini digunakan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) dengan bantuan software Microsoft Excel 2013. Data didapatkan dengan cara menyebar kuisioner kepada pemilik maupun penyewa dari 3 apartemen tinjauan yang telah ditentukan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa faktor yang paling mempengaruhi masyarakat dalam memilih apartemen yaitu faktor legalitas.

 

Kata Kunci : Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP), Pemilihan Apartemen, Preferensi Masyarakat

References

Apriyanto, Agus. 2008. Perbandingan Kelayakan Jalan Beton Dan Aspal Dengan Metode Analityc Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus Jalan Raya Demak-Godong). Thesis. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Apriyanto, Joko Hadi, Gandhiadi, G.K. & Nilakusumawati, Desak Putu Eka. 2014. Pemilihan Kriteria dalam Pembuatan Kartu Kredit dengan Menggunakan Metode Fuzzy AHP. Volume 3 No. 1.

Bourne, Larry. 1971. Internal Stucture of The City. New York:Oxford University Press.

Catanese, Antony J. And James C. Synder. 1989. “Perencanaan Kota edisi Kedua”. Jakarta: Erlangga.

Goodall. 1972. Grub: The Bush Baby Boston: Houghton Mifflin. Boston : Houghton Mifflin.

Hutagalung, Arie Sukanti. 2007. Condominium dan Permasalahannya. Depok:Badan Penerbit Fakultas Hukum Uni-versitas Indonesia.

Luhst, K. M. 1997. Real Estate Evaluation. USA: Principles Aplication Press.

Montgomery, Melanie and Curtis Carey. 2006. “Housing Mobility and Location Choice: A Review of the Literature”. Jurnal. Urbanet, Department of Urban and Regional Planning Curtin University.

Onggo, Yance dkk. 2018. Faktor yang Menentukan Keputusan Membeli Apartemen. Jurnal. Program MM Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetya Mulya.

Rabinowitz, H.Z. 1988. Real Estate Planning. New York: McGraw Hill Inc.

Saaty, T. L. dan Vargas L. G. 2006. Decision Making with the Analytic Network Process: Economic, Political, Social and Technological Applications with Benefits, Opportunities, Costs and Risks. New York: Springer.

W.J.S, Poerwadarminta. 1991. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.