Kecenderungan Masyarakat Dalam Memilih Apartemen di Kota Tangerang Menggunakan Metode Fuzzy Hierarchy Process (F-AHP)

Athaya Salsabila, Setiono Setiono, Sugiyarto Sugiyarto

Abstract

Abstrak

Kebutuhan akan tempat tinggal merupakan suatu hal yang sangat penting bagi masyarakat  pada perkembangan dunia modern dan globalisasi saat ini. Hal ini menyebabkan permintaan kebutuhan masyarakat di bidang properti semakin meningkat. Namun tingkat keinginan masyarakat tidak sebanding dengan luas lahan yang tersedia dan juga mengakibatkan tingginya harga lahan. Oleh sebab itu, hunian vertikal seperti apartemen adalah pilihan yang menarik bagi masyarakat. Hal ini menjadi daya tarik developer untuk berlomba-lomba mendirikan apartemen dengan hunian yang terjangkau dan fasilitas yang memadai. Maka dari itu, perlunya melakukan penelitian terkait kecenderungan masyarakat dalam pememilihan apartemen yang selaras dengan kebutuhan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari faktor apa saja yang paling berpengaruh pada masyarakat dalam memilih sebuah apartemen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP) dengan pengisian kuisioner oleh masyarakat. Serta program yang digunakan adalah program software Microsoft Excel 2010. Hasil dari pengolahan data yang telah dilakukan, faktor yang memiliki bobot paling besar dan juga merupakan faktor yang paling berpengaruh pada masyarakat dalam pemilihan apartemen adalah faktor legalitas.

 

Kata Kunci : Kecenderungan Masyarakat, Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (F-AHP), Pemilihan Apartemen

References

REFERENSI

Catalonia, R. Muhamad Amanda. 2016. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi dalam Pembelian Apartemen.” Skripsi. Program Studi Magister Arsitektur Institut Teknologi Bandung.

Chang, D.Y. 1996. Application of The Extent Analysis Method on Fuzzy AHP. European Journal of Operational Research 95: 649-655.

De Chiara, Josep. 1973. Times-Saver Standards for Building Types. Texas: Mcgraw-Hill (Tx).

Drabkin. 1980. “Land Policy and Urban Growth”. Oxford: Pegamon Press.

Marlina, Endy. 2008. Panduan Perancangan Bangunan Komersial. Yogyakarta: Andi Offset, 2008. 291, 2008

Goodall. 1972. Grub: The Bush Baby Boston: Houghton Mifflin. Boston : Houghton Mifflin.

https://komunicode.wordpress.com/2016/01/30/sistem-pendukung-keputusan-spk-menurut-para-ahli/ (30 Januari 2016).

Mardhikawarih, D.A. 2012. Pemilihan Pemasok Drum Pelumas Industri Menggunakan Fuzzy Analytical Hierarchy Process. Skripsi. Jurusan Teknik Industri Universitas Sebelas Maret.

Onggo, Yance dkk. 2018. Faktor yang Menentukan Keputusan Membeli Apartemen. Jurnal. Program MM Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetya Mulya.

Qathafi, Mu’ammar. 2012. Preferensi Masyarakat Di Kota Ponorogo dalam Memilih Perumahan dengan Menggunakan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process). Skripsi. Jurusan Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret.

Rabinowitz, H.Z. 1988. Real Estate Planning. New York: McGraw Hill Inc.

Rapoport, Amos. 1977. “Human Aspects of Urban Form : Towards a Man-Environment Approach to Urban Form and Design. Oxford: Pergamon Press.

Saaty, T. L. 1994. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin, Proses Hierarki Analitik untuk Pengambilan Keputusan dalam Situasi yang Kompleks. Penerjemah: Peniwati K. Jakarta: Pustaka Binaman Presindo.

Turner. 1982. Housing by People, Toward Autonomy in Building Environments. London: Moris Boyars Publishers Ltd.

Watson, D. 2003. Time Savern for Urban Design. New York:TheMcGraw-Hill Companies.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.