Evaluasi Kinerja dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Eco JPO Gladhag Panti Husada Kota Surakarta

Dewi Handayani, Mulya Gigih Setiawan

Abstract

Eco JPO Gladhag Panti Husada merupakan proyek kerja sama antara Kementerian PUPR melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) dengan Pemerintah Kota Surakarta yang berlokasi tepat di depan RSUD dr. Moewardi. Eco JPO mengusung konsep berkelanjutan yang mencakup aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mendapatkan tingkat kepuasan pengguna serta rekomendasi proritas penanganan dari faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan Eco JPO Gladhag Panti Husada.

Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada pengguna Eco JPO Gladhag Panti Husada. Hasil data yang diperoleh dikelompokkan menjadi dua, yaitu data karakteristik responden dan data penilaian responden. Hasil dari penilaian responden diolah dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mendapatkan tingkat kepuasan pengguna serta metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mendapatkan prioritas penanganan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan Eco JPO Gladhag Panti Husada.

Berdasarkan hasil analisis tingkat kepuasan pengguna, didapati terdapat satu variabel dari ketiga belas variabel yang tingkat kepuasannya di bawah 50% yaitu variabel 11 (kebersihan). Sehingga secara umum bisa dikatakan bahwa pengguna Eco JPO Gladhag Panti Husada cukup puas dengan kondisi JPO yang ada saat ini. Kemudian berdasarkan hasil analisis empat kuadaran, didapati variabel yang masuk dalam prioritas penanganan utama yaitu variabel kebersihan serta variabel aksesibilitas. Sehingga kebijakan prioritas yang diutamakan antara lain; untuk variabel kebersihan yaitu pengadaan petugas kebersihan untuk membersihkan area JPO setiap hari, penambahan tempat sampah, serta peningkatan kesadaran pengguna akan kebersihan JPO dengan memasang papan himbauan menjaga kebersihan; untuk varibael aksesibilitas yaitu mengoperasikan lift (elevator) yang ada untuk aksesibilitas penyandang disabilitas dan lansia, memperbaiki permukaan lantai ramp (pelandaian) dan guiding block.

References

Departemen Pekerjaan Umum. (2017). Perencanaan Teknis Fasilitas Pejalan Kaki, Pd 03 – 2017 – B. Dirjen Bina Marga, Jakarta

Direktorat Jendral Bina Marga (1995), Tata Cara Perencanaan Jembatan Penyebrangan Untuk Pejalan Kaki di Perkotaan, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Harahap, H., H.. 2014. Analisa Karakteristik Penggunaan Jembatan Penyeberangan Pada Daerah Perbelanjaan di Jalan Jenderal Sudirman Kota Palembang. Universitas Sriwijaya.

Husin, Nabila F. 2018. Analisis Faktor Prioritas Kegiatan Bersepeda Universitas Sebelas Maret Surakarta. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Sebelas Maret.

Idris, Z. 2009. Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Angkutan Umum di DIY. Dinamika TEKNIK SIPIL, Volume 9, Nomor 2, Juli 2009, 189 – 196.

Janti, Suhar. 2014. Analisis Validitas dan Reliabilitas Dengan Skala Likert Terhadap Pengembangan Si/Ti Dalam Penetuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning pada Industri Garmen. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi. ISSn : 1979-911x.

Kurniasari, C Resty. 2012. Analisis Karakteristik Penumpang dan Persepsi Penumpang terhadap Tingkat Pelayanan Batik Solo Trans di Surakarta. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Kurniawan, Harry dan Nadia Khaira Ardi. 2018. Tingkat Kepuasan Pengguna Fasilitas Penyeberangan Orang (Studi Kasus JPO Muka Kuning Kota Batam). Universitas Riau Kepualauan Batam.

Nawir, Daud dan Rusmiyanti. 2019. Studi Analisis Fasilitas Jembatan Penyeberangan Orang di Kota Tarakan. Universitas Borneo Tarakan.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 03/PRT/M/2014 tentang Pedoman Perencanaan, Penyediaan, dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan. Jakarta. Menteri Pekerjaan Umum.

https://pu.go.id/berita/view/16994/kementerian-pupr-bangun-jpo-ramah-lingkungan-di-solo diakses pada tanggal 6 Februari 2020.

http://www.pusjatan.pu.go.id/produk/litbang_detail/eco-jpo-gladhag-panti-husada-surakarta diakses pada tanggal 6 Februari 2020.

Putra, Zahreza FS. 2014. Analisis Kualitas Layanan Website BTKP-DIY Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal JARKOM Vol. 1 No. 2. Insititut Sains & Teknologi AKPRIND. Yogyakarta.

Riskawati. 2013. Uji Validitas dan Reliabilitas. StatistikaPendidikan.com

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Syukri, S. H. A.. 2014. Penerapan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Analisis Gap Pada Kualitas Pelayanan Trans Jogja. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.