KAJIAN KELAYAKAN INVESTASI PADA PERUMAHAN GRIYA FLAMBOYAN DI KABUPATEN SRAGEN

Satyawan Yuwana, Sugiyarto Sugiyarto, Suryoto Suryoto

Sari

Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk yang pesat dan semakin meningkatnya taraf hidup masyarakat, Maka kebutuhan akan rumah tinggal juga semakin meningkat. Bagi masyarakat hunian menjadi sebuah tuntutan yang sangat penting. Untuk memenuhi kebutuhan rumah yang ada yaitu dengan membangun sebuah perumahan. Pembangunan perumahan harus memenuhi studi kelayakan investasi secara finansial dan juga sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku.

Penelitian ini bertujuan mengaji analisis kelayakan investasi proyek pembangunan Perumahan Griya Flamboyan dari aspek finansial, dengan kriteria kelayakan investasi Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), dan Benefit Cost Ratio (BCR) kemudian diuji tingkat sensitivitasnya untuk mengetahui nilai dampak berbagai perubahan dari variabel-variabel penting yang ditentukan terhadap hasil yang memungkinkan masih layak.

Berdasarkan dari hasil perhitungan analisa investasi dengan masa investasi 2 tahun didapatkan nilai harga jual minimum rumah tipe 45/100 sebesar Rp 208,999,063.80,   Net Present Value (NPV) sebesar Rp 2.166.779.991,31 (NPV>0), Internal Rate of Return (IRR) diperoleh nilai 70,72% (IRR>MARR), Benefit Cost Ratio (BCR) yang didapatkan memiliki nilai rasio 1,1936, dan dari hasil analisa sensitivitas diketahui bahwa investasi Perumahan Griya Flamboyan akan tetap layak jika kenaikan biaya investasi kurang dari 31,4776%, penurunan tingkat unit terjual (occupancy rate) tidak lebih dari 28%, penurunan tingkat harga jual tidak lebih dari 18,72%, dan kenaikan tingkat suku bunga kurang dari 419%.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.