PERHITUNGAN KEBUTUHAN TULANGAN BESI DENGAN MEMPERHITUNGKAN OPTIMASI WASTE BESI PADA PEKERJAAN BALOK DENGAN PROGRAM MICROSOFT EXCEL

MAN Kork, Widi Hartono, Sugiyarto Sugiyarto

Abstract

Sekarang pembangunan sedang giat dilaksanakan oleh bangsa Indonesia. Gedung-gedung adalah salah satu bentuk wujud dari pemerintah Surakarta untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat. Dalam sebuah gedung , material merupakan komponen yang penting dalam menentukan besarnya biaya suatu proyek and besi tulangan adalah salah satu material yang cukup sudah di atur dan sangat penting dalam pekerjaan beton bertulang maupun pekerjaan balok. Sehingga perlu untuk diteliti waste pada sebuah proyek konstruksi.Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mendapatkan metode bar bending schedule yang dapat digunakan untuk mengoptimasi penulangan pada balok bertulang sehingga dihasilkan waste yang sekecil mungkin.

Lokasi penelitian ini dilakukan pada gedung Sekretariat Daerah Kota Surakarta, pada tahun 2010. Data sekunder yang digunakan adalah data besi tulangan dalam bentuk Bar Bending Schedule. Untuk pengolahan data ini mengunakan bantuan program komputer Excel Solver dan Programman Linear (PL).

Dari hasil analisis penggunaan Excel Solver dapat mengoptimasi waste pada pemotongan tulangan adapun prosentase penghematan tulangan adalah besi tulangan berdiameter 22 terjadi penghematan 2.07% , besi tulangan berdiameter 19 terjadi penghematan 0.90% , besi tulangan berdiameter 16 terjadi penghematan 3.76% , besi tulangan berdiameter 13 terjadi penghematan 3.52%, besi tulangan berdiameter 12 terjadi penghematan 4.76%, dan besi tulangan berdiameter 10 terjadi penghematan 2.43% .

Refbacks

  • There are currently no refbacks.