STUDI OBSERVASI VARIASI AGREGAT SLURRY SEAL (TINJAUAN UJI KEDALAMAN TEKSTUR DAN ANALISA BIAYA)

Amirudin Akhmad, Ary Setyawan, Djoko Sarwono

Abstract

Slurry seal adalah campuran aspal emulsi, agregat halus, mineral filler, air, dan bahan tambah lainnya dicampur secara merata tanpa pemanasan dan dihampar di atas permukaan perkerasan jalan dengan ketebalan maksimum 10 mm. Penggantian komposisi agregat dan filler slurry seal berpengaruh terhadap harga satuan pekerjaan. Jumlah penggunaan semen (Portland Cement) sebagai filler dikurangi dengan penambahan fly ash agar harga satuan pekerjaan lebih murah. Penggunaan batu basalt dan batu kapur untuk mendapatkan alternatif agregat yang dapat digunakan pada slurry seal.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan kedalaman tekstur dan nilai kekesatan yang dihasilkan dari modifikasi agregat dan filler slurry seal berdasarkan uji kedalaman tekstur metode sand patch. Penelitian ini juga menghitung harga satuan pekerjaan (HSP) dari modifikasi agregat dan filler slurry seal. Slurry seal yang dibuat menggunakan agregat batu basalt filler semen OPC, agregat batu kapur filler semen OPC, dan agregat batuan standar dengan filler komposisi semen OPC : HCFA (High Calcium Fly Ash) 50%:50%.

Slurry seal meningkatkan nilai kedalaman tekstur dan kerataan permukaan jalan. Peningkatan kedalaman tekstur akan menambah kekasaran permukaan jalan. Kekasaran permukaan jalan berhubungan dengan skid resistance sehingga kekasaran akibat peningkatan kedalaman tekstur akan meningkatkan kekesatan permukaan jalan. Slurry seal agregat batu basalt memiliki kedalaman tekstur terbesar yaitu 1,837 mm sehingga memberikan peningkatan skid resistance paling besar. Kedalaman tekstur slurry seal agregat batu kapur sebesar 1,767 mm yang berarti skid resistance meningkat. Slurry seal agregat batuan standar memiliki kedalaman tekstur 1,673 mm yang menggambarkan peningkatan skid resistance paling kecil diantara slurry seal agregat batu basalt maupun batu kapur. Slurry seal dengan Harga Satuan Pekerjaan (HSP) paling murah adalah slurry seal agregat batu kapur Rp. 44.817,00/m2 dibandingkan agregat batu basalt Rp. 45.085,00/m2 dan batu standar campuran filler semen & fly ash Rp. 44.914,00/m2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.