RANCANGAN PROGRAM PENGERJAAN BAR BENDING SCHEDULE PENULANGAN CORE LIFT DAN PIT LIFT DENGAN VISUAL BASIC 6.0

Wahyu Prasetya Ady Candra, Widi Hartono, Sunarmasto Sunarmasto

Abstract

Kegiatan bar bending schedule penulangan saat ini masih banyak dilakukan secara manual oleh sumber daya manusia, sehingga akan memakan waktu yang cukup lama, kurang efektif, dan kurang efisien. Perlu adanya inovasi baru atau continuous improvement untuk mengatasi setiap permasalahan yang ada. Inovasi yang terus mengalami perkembangan sebagai alat bantu dalam segala bidang ilmu pengetahuan adalah dengan komputer. Rancangan program ini diharapkan mampu mengoptimalkan waktu untuk pengerjaan bar bending schedule.

Tahapan penelitian meliputi tahap persiapan, studi literatur (analisis shop drawing, bar bending schedule, visual basic 6.0, Microsoft access, dan crystal report ), kegiatan pengumpulan data (mengumpulkan data yang digunakan sebagai sumber teori terbanyak dalam penyusunan dan pengolahan studi, mengumpulkan data pokok proyek, mengumpulkan gambar kerja dan mengumpulkan rencana kerja struktur), analisis kondisi eksisting serta tahap pembuatan program menggunakan visual basic 6.0.

Output program Pengerjaan Bar Bending Schedule Penulangan Core lift dapat menampilkan kebutuhan detail pada setiap model penulangan yang dikerjakan baik berupa kebutuhan panjang, jumlah model yang dibutuhkan, maupun berat total tulangan. Output program juga menyediakan rekapitulasi dari kebutuhan setiap jenis atau tipe tulangan pada pekerjaan penulangan core lift.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.