PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN HOTEL DENGAN MENGGUNAKAN PRIMAVERA PROJECT PLANNER P6 (Studi Kasus Pembangunan Hotel In Yogyakarta)

Doni Probo Kusuma, Widi Hartono, Adi Yusuf Muttaqien

Abstract

Pada pelaksanaan sebuah proyek konstruksi dibatasi biaya, mutu dan waktu. Keberhasilan suatu proyek menuntut adanya pelaksanaan manajemen secara baik. Pengendalian yang baik dapat mengurangi resiko terjadinya keterlambatan dan pembengkakan biaya proyek. Untuk meningkatkan efektifitas dalam pengawasan dan pengendalian proyek maka digunakan metode konsep nilai hasil. Konsep nilai hasil merupakan suatu metode yang mampu menghitung besarnya biaya yang menurut anggaran sesuai dengan pekerjaan yang telah di selesaikan atau di laksanakan, Selain berfungsi untuk pengendalian proyek, metode Konsep Nilai Hasil juga dapat di kembangkan untuk membuat perkiraan sementara untuk mengetahui apakah dana sisa proyek masih mencukupi atau tidak, berapa besar perkiraan biaya untuk menyelesaikan proyek maupun berapa besar proyeksi keterlambatan pada akhir proyek.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif kuantitatif dengan durasi pekerjaan selama 5 bulan. Data yang diperlukan adalah Rencana Anggaran Biaya, Kurva S, Laporan Mingguan. Untuk mengolah data tersebut digunakan metode konsep nilai hasil dilakukan dengan menggunakan Primavera Project Planner P6. Dengan menginputkan data yang terkait untuk analisis, maka program ini akan melakukan kalkulasi secara otomatis sesuai dengan rumus - rumus kalkulasi yang telah dibuat oleh program ini. Sehingga perhitungan konsep nilai hasil akan lebih cepat dan akurat.

Hasil analisis data yang dilakukan pada Proyek Pembangunan Hotel In Yogyakarta menunjukan bahwa besarnya biaya pelaksanaan hingga bulan ke V adalah Rp 2,571,580,362.99 dari total biaya perencanaan Rp 5,397,609,109, dan sisa biaya penyelesaian Rp 2.826.028.747. Prakiraan biaya akhir proyek adalah Rp 5,351,619,021.16 sedangkan perhitungan hasil sisa anggaran Rp 45.989,983.92, dan perkiraan waktu akhir poyek adalah 259 hari mundur 14 hari dari rencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.