KINERJA BETON SERAT MENGGUNAKAN UJI TOUGHNESS PANEL PADA KANDUNGAN SERAT YANG BERBEDA

Eriria Imam, Solihin As'ad, Achmad Basuki

Abstract

Beton merupakan bahan yang paling banyak digunakan untuk konstruksi.Material ini memiliki kuat tekan tinggi,sebaliknya kelemahannya adalah kuat tarik yang sangat kecil, mudah retak karena getas. Berbagai bangunan infrastruktur misalnya terowongan memerlukan material daktail, yaitu dengan mencampurkan serat baja kedalam beton.Penelitianinimenyajikanuji toughness panelbetonseratbajaberdasarkanmetode EFNARCdenganberbagaikandunganserat.

Empatcampuranbetonserat20kg/m3,40kg/m3,60 kg/m3,dan80 kg/m3betondansatucampuranbetontanpaseratsebagaipembandingdisiapkan.Betonseratberbahanbeton normalyangdicampurseratbajaberbentukend-hookedDRAMIX RC80/60 BN.Setiapcampuranbetondicetakdalamtiga panel berukuran 600 mm x 600 mm x 100 mm. Benda ujidiujibebanpadaumur 28 hari.Kurvahubunganbeban-deformasimasing-masingbendaujidicatatdandibandingkan.

Hasilpengujianmenunjukanbahwaseratmempengaruhikurvabeban- deformasi.Betontanpaseratretakdanlangsungruntuhsetelahmencapaibebanmaksimal.Sedangkanbendaujibetonseratmenunjukkankeruntuhandaktail,dimanasetelahbebanmaksimaltercapaimasihdilanjutkankurvabeban-deformasiakibat proses cabutseratdaribetonserat yang retak. Pengaruhkandunganseratadalahsemakintinggikandunganseratsemakintinggikurvabeban-deformasibendauji.Semakintinggidosisseratmakaenergyuntukkeruntuhanbendaujimakintinggi.Padapengujianinienergytertinggiditunjukkanolehbendauji 80 kg/m3denganenergi 55,4388Joule.Kandunganseratjugamempengaruhipolaretakbendauji.Semakintinggikandunganserat,jumlahretak yang terjadisemakinbanyak.Interaksibetondanseratcenderungmemunculkanretakbarusebelumterjadikeruntuhanpadasaatpemberianbebanpadabendauji.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.