ANALISIS AKURASI ESTIMASI WAKTU PERJALANAN BERDASARKAN DATA KECEPATAN SESAAT DENGAN INSTANTANEOUS MODEL DAN TIME SLICE MODEL

Aan Febrian, Amirotul M.H. Mahmudah, Slamet Jauhari Legowo

Abstract

Waktu perjalanan merupakan indikator yang paling baik dalam mengukur kinerja ruas jalan, bahkan merupakan variable yang sangat penting untuk mengukur kemacetan. Waktu perjalanan dapat diukur dan diperkirakan dengan survei secara langsung maupun diperoleh dari model matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model manakah di antara Instantaneous Model dan Time Slice Model yang mempunyai akurasi lebih tinggi dalam mengestimasi waktu perjalanan berdasarkan data kecepatan sesaat menggunakan Time Mean Speed (TMS) dan Space Mean Speed (SMS) pada Jalan Ringroad Utara Surakarta. Akurasi estimasi waktu perjalanan ditentukan dengan menggunakan indikator uji keandalan, yaitu Root Mean Square Error (RMSE), Mean Absolute Error (MAE), dan Mean Absolute Relative Error (MARE). Hasil uji keandalan untuk Instantaneous Model berdasarkan TMS diperoleh nilai RMSE = 0,892 menit; MAE = 0,842 menit; dan MARE = 11,6 %; dan untuk SMS diperoleh nilai RMSE = 0,566 menit; MAE = 0,483 menit; dan MARE = 6,6 %. Sedangkan hasil uji keandalan untuk Time Slice Model berdasarkan TMS diperoleh nilai RMSE = 0,895 menit; MAE = 0,842 menit; dan MARE = 11,6 %; dan untuk SMS diperoleh nilai RMSE = 0,569 menit; MAE = 0,487 menit; dan MARE = 6,6 %. Hal ini menunjukkan bahwa estimasi waktu perjalanan dengan Instantaneous Model lebih akurat jika dibandingkan dengan Time Slice Model pada karakteristik lalu lintas campuran di jam puncak.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.