EVALUASI KINERJA JARINGAN DRAINASE KELURAHAN GANDEKAN, JEBRES, SURAKARTA (SUB SISTEM DAS KALI PEPE HILIR)

Apriliana Kurniasari, Sobriyah Sobriyah, Adi Yusuf Muttaqien

Abstract

Sistem drainase dirancang untuk mengalirkan debit aliran tertentu pada suatu kawasan, terutama pada saat musim hujan. Artinya kapasitas sistem drainase sudah diperhitungkan untuk dapat mengalirkan debit air yang terjadi. Namun fakta dilapangan menunjukkan sering terjadi permasalahan drainase di suatu kawasan akibat tidak terpenuhinya kondisi tersebut yang pada akhirnya mengakibatkan banjir dan genangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi tingkat kinerja jaringan drainase di Kelurahan Gandekan, Kecamatan Jebres, Surakartaberdasarkan parameter penilaian kondisi fisik dan partisipasi dari pihak terkait (dalam hal ini masyarakat di lokasi penelitian dan lembaga terkait).

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 96 responden,wawancara dan survey langsung ke lokasi penelitian untuk mengumpulkan data primer kondisi fisik jaringan drainase di Kelurahan Gandekan.Analisis data dilakukan dengan memberikan penilaian terhadap kondisi fisik di lapangan berdasarkan hasil observasi langsung (data primer). Selain itu analisis data juga dilakukan untuk menilai tingkat partisipasi pihak terkait berdasarkan hasil kuesioner. Penilaian kuesioner dalam penelitian ini menggunakan skala Guttman dan Linkert.

Hasil analisis menunjukkan bahwa kondisi fisik jaringan drainase Kelurahan Gandekan saat ini adalah 61,90% masuk dalam kategori cukup,dan telah terjadi kerusakan/penurunan kondisi infrastruktur jaringan drainase sebesar 38,10%. Tingkat partisipasi lembaga terkait sebesar 75,83% masuk kategori sedang, dan tingkat partisipasi masyarakat sebesar 81,28% masuk kategori tinggi. Kinerja jaringan drainase Kelurahan Gandekan dinilai berdasarkan kondisi fisik, partisipasi lembaga terkait dan partisipasi masyarakat adalah sebesar 67,65% masuk katagori cukup.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.