PENGARUH PENGISIAN RONGGA PADA CAMPURAN ASPAL PORUS MENGGUNAKAN ASPAL POLIMER STARBIT E-55 TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK

Tito Rizkianto, Ary Setyawan, Djoko Sarwono

Abstract

Aspal porus adalah campuran aspal yang didesain memiliki ruang poritinggi yang diharapkan dapat meloloskan air dengan baik. Namun porositas tinggi menyebabkan stabilitas rendah sehingga diperlukan modifikasi aspal, salah satu alternatif aspal modifikasi adalah aspal dengan bahan tambah polimer.Selain stabilitas rendah, kelemahan aspal porus sebagai perkerasan jalan adalah adanya penyumbatan berupa pasir ataupun tanah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengisian rongga dengan pasir dan tanah terhadap kuat tekan dan kuat tarik menggunakan aspal polimer starbit E-55. Serta untuk mengetahui analisa harga satuan pekerjaan aspal porus polimer starbit E-55.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Setelah didapatkan kadar aspal optimum, dilakukan pembuatan benda uji dengan variasi pengisi rongga berupa pasir dan tanah dengan menggunakan air hingga permukaan terisi penuh. Kemudian didapatkan data hasil kuat tekan dan kuat tarik.

Hasil penelitian aspal porus dengan variasi pengisi rongga yaitu pasir merapi dan tanah menunjukan terjadi pertambahan nilai kuat tekan dan kuat tarik, namun tidak signifikan. Harga satuan pekerjaan Aspal Porus starbit E-55 sebesar Rp.369.510,07 / m3.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.