KORELASI NILAI KOHESI DAN SUDUT GESER DALAM DENGAN NILAI TAHANAN KONUS SONDIR MENGGUNAKAN METODE STATISTIKA

Muhammad Agus Bahtiar, Niken Silmi Surjandari, Setiono Setiono

Sari

Tanah merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat penting untuk mendukung keberhasilan pembangunan fisik infrastruktur. Tanah merupakan dasar pijakan terakhir untuk menerima pembebanan yang ada diatasnya. Peran tanah yang sangat besar ini harus diketahui sifat dan karakteristik dari tanah itu sendiri sebelum para pelaku pembangunan akan melakukan kegiatan kegiatan pembangunan. Setiap daerah memiliki keadaan tanah yang beragam, baik dari segi jenis tanah, daya dukung, maupun parameter lainnya dari tanah. Tentu saja hal tersebut dapat mengakibatkan daya dukung dan parameter tanah selalu berubah parameter tanah tersebut mencakupi sudut geser tanah dan kohesi tanah.

Penelitian ini menggunakan metode statistika, yaitu dengan mencari persamaan regresi linier kohesi (c), sudut geser dalam () persamaan (qc) dan pengujian statistik meliputi uji R2 , uji variansi (uji F), uji signifikansi (uji t), dan uji validalitas. Sampel tanah dibatasi untuk nilai indeks plastisitas lebih dari 17 dengan kata lain tanah yang mempunyai sifat plastisitas yang tinggi.

Hasil analisis regresi linier sederhana menghasilkan persamaan qc = 0,915untuk persamaan qc fungsi dan qc = 96,193 c + 12,375 untuk persamaan qc fungsi c. Persamaan regresi sederhana qc fungsi didapat R= 0,874, persamaan regresi qc fungsi c didapat R= 0,414. Uji validitas persamaan regresi qc fungsidari hasil analisis didapat R=1, uji validitas qc fungsidari data sekunder didapat R=0,949. Uji validitas persamaan regresi qc fungsi c dari persamaan Sunggono (1984) didapat R= 1, uji validitas qc fungsi c dari hasil analisis didapatkan -0,704.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.