ANALISIS RESAPAN LIMPASAN PERMUKAAN DENGAN PEMBUATAN SUMUR RESAPAN DI FAKULTAS TEKNIK UNS

Surya Adijaya, Sobriyah Sobriyah, Siti Qomariyah

Abstract

Pertumbuhan penduduk membuat penggunaan tata guna lahan berubah. Hal ini mengakibatkan limpasan permukaan menjadi semakin besar dan resapan air hujan sebagai suplai air tanah berkurang. Salah satu upaya untuk meresapkan air limpasan hujan antara lain dengan pembuatan sumur resapan. Penelitian ini membahas besar resapan limpasan hujan ke dalam tanah dengan pembuatan sumur resapan. Hasil akhir yang diinginkan adalah diketahuinya kondisi eksisting resapan limpasan hujan di Fakultas Teknik UNS dan kondisi resapan limpasan setelah dilakukan pembuatan sumur resapan.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Analisis kepanggahan data hujan dilakukan menggunakan uji RAPS (Rescaled Adjusted Partial Sums). Analisis dilakukan dengan panjang data hujan 24 tahun dengan 5 stasiun hujan. Pengujian validitas distribusi hujan menggunakan metode Smirnov- Kolmogorov. Sumur resapan dibuat dengan diameter 1 m dan kedalaman 2 meter di area Fakultas Teknik UNS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa limpasan hujan yang meresap ke tanah di Fakultas Teknik pada kondisi eksisting sebesar 245,9587756 m3/hariselama musim hujan. Pembuatan sumur resapan dapat meresapkan limpasan permukaan di Fakultas Teknik sebesar 368,6435036 m3/hariselama musim hujan. Terjadi peningkatan resapan setelah pembuatan sumur resapan sebesar 48,88 % dari resapan kondisi eksisting.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.