Estimasi Biaya Konstruksi Bangunan Gedung Dengan Metode Cost Significant Model Studi Kasus Proyek Lanjutan Pembangunan Gedung Di Universitas Sebelas Maret Surakarta

Sugiyarto Sugiyarto, Ahmad Muali, Widi Hartono

Abstract

Salah satu elemen penting dalam proyek adalah tahap estimasi biaya. Seringkali, saat proyek masih berapa pada tahap awal, informasi untuk mengestimasi belum terlalu detail, sehingga hasil estimasi cenderung tidak begitu akurat. Oleh karena itu, dibutuhkan model estimasi biaya yang dapat menjelaskan sebagian besar proyek berdasarkan informasi yang sesedikit mungkin.

Salah satu metode estimasi yang dapat digunakan adalah Cost Significant Model, yaitu model estimasi yang menggunakan biaya pekerjaan yang secara signifikan berpengaruh terhadap biaya total proyek. Cost Significant Model menggunakan data dari proyek-proyek sejenis yang telah dilaksanakan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan Cost Significant Model untuk mengestimasi biaya total proyek lanjutan pembangunan gedung di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Data dihimpun dengan menggunakan metode sampling. Data yang diperoleh berupa 5 paket proyek lanjutan pembangunan gedung yang dimiliki oleh Universitas Sebelas Maret untuk anggaran tahun 2015.

Model estimasi yang dihasilkan penelitian ini adalah Y' = 0,746X2 + 1430209,166 dengan Y' adalah estimasi biaya total proyek dan X2 adalah biaya pekerjaan struktur. Model ini memiliki Cost Model Factor sebesar 1,001. Tingkat keakuratan hasil estimasi model ini berkisar antara -7,17% sampai 7,67%. Berdasarkan klasifikasi AACE International, model dapat digunakan untuk mengestimasi anggaran, pengesahan owner, maupun sebagai kontrol.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.