KUAT LENTUR BALOK BETON TULANGAN BAMBU PETUNG VERTIKAL TAKIKAN TIDAK SEJAJAR TIPE U LEBAR 1 DAN 2 CM PADA TIAP JARAK 5 CM

Farid Arieffyanto, Agus Setiya Budi, Supardi Supardi

Abstract

Beton bertulangan bambu merupakan komponen struktur alternatif pengganti dari beton bertulangan baja. Hal tersebut dikarenakan bambu memiliki kuat tarik yang tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kuat lentur pada balok beton tulangan bambu petung vertikal takikan tidak sejajar tipe u dengan lebar 1 cm dan 2 cm pada tiap jarak 5 cm. Benda uji yang digunakan adalah balok beton berukuran 110 x 150 x 1700 mm dengan total benda uji 12 buah. Enam buah menggunakan tulangan bambu petung dengan lebar takikan 1 cm dan enam buah menggunakan tulangan bambu petung dengan lebar takikan 2 cm. Dimensi bambu petung yang digunakan adalah 1650 x 20 x 5 mm. Mutu beton direncanakan fc' = 17 Mpa (minimal). Pengujian kuat lentur balok dilakukan pada umur 28 hari dengan memberikan dua titik beban terpusat pada 1/3 bentang balok dari tumpuan. Pola keruntuhan pada balok beton tulangan bambu petung terletak antara 1/3 bentang tengah dan 5 % L dari tepi 1/3 bentang tengah. Nilai kuat lentur berdasarkan analisis pada balok beton tulangan bambu petung dengan lebar takikan 1 cm adalah 9,509 N/mm2dan balok beton tulangan bambu petung dengan lebar takikan 2 cm adalah 8,596 N/mm2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.