Penjadwalan Waktu Dan Sumber Daya Manusia Proyek Showroom Dan Bengkel Nissan Magelang

Sugiyarto Sugiyarto, Dimitrij Dimas Adhika, Edy Purwanto

Abstract

Pada pelaksanaan proyek baik milik pemerintah atau swasta, setiap proses pelaksanaannya memerlukan tindakan pengendalian, pengawasan dan koordinasi, sehingga dapat terlaksana kea rah yang benar dengan mengurangi resiko-resiko penyimpangan yang mungkin terjadi. Umumnya pada proyek-proyek yang melibatkan banyak unsur dalam jumlah besar memiliki time schedule untuk mengetahui hubungan antara waktu pelaksanaan dengan prestasi kerja yang telah dicapai.

Pada penelitian ini peneliti menggunakan jaringan kerja dalam penjadwalan proyek konstruksi. Peneliti menggunakan Precedence Diagram Methode (PDM) dan dibantu dengan program komputer Microsoft Office Project Profesional 2013 maka didapatkan perhitungan yang tepat dan akurat dalam perencaan.

Dari hasil analisis dalam penjadwalan waktu dan sumber daya manusia dapat ditarik kesimpulan bahwa Program komputer Microsoft Office Project Profesional 2013 dapat digunakan sebagai data penjadwalan waktu proyek, yaitu berupa jaringan kerja, bagan balok dan kurva S, dalam hal ini didapatkan umur proyek rencana adalah 78 hari kerja. Penjadwalan umur proyek pada penelitian ini lebih singkat daripada penjadwalan umur proyek yang sebenarnya sebesar 84 hari kerja. Berdasarkan sifat kegiatan proyek yang dinamis mengakibatkan jumlah keperluan tenaga kerja berubah-ubah selama umur proyek, untuk mengatasi hal ini dilakukan tindakan perataan sumber daya (resource levelling), dengan hasil histogram keperluan tenaga kerja dengan fluktuasi yang tajam menjadi berkurang dan kebutuhan tenaga kerja telah memenuhi penggunaan maksimum unit tenaga kerja per hari.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.