PREDIKSI PASOK DAN KEBUTUHAN AIR SUNGAI CILIWUNG RUAS HULU BENDUNG KATULAMPA

Mamok Suprapto, Agung Prasetyo, Agus P Saido

Abstract

Sungai Ciliwung saat ini memasok air bagi wilayah Jabodetabek. Kebutuhan air meningkat seiring dengan peningkatan jumlah penduduk, sedangkan air ciliwung jumlahnya relatif tetap. Oleh sebab itu, perlu adanya kajian keseimbangan air di DAS Ciliwung. Penelitian dilakukan di ruas hulu Bendung Katulampa.

Kebutuhan air bersih diperhitungkan sebesar 100 liter/hari/orang. Debit andalan dihitung berdasarkan analisis transformasi hujan menjadi debit menggunakan metode hidrograf satuan sintetik Snyder. Parameter yang digunakan adalah Standard lag sebesar 0,6dan Peaking koefisien sebesar 0,2. Data hujan yang digunakan dari stasiun penakar hujan Gunung Mas, Gadok, dan Katulampa. Debit andalan yang digunakan adalah 90% yang diperoleh dengan metode Weibull.

Hasil analsis menunjukkan bahwa debit andalan yang ada di Sungai Ciliwung ruas hulu Bendung Katulampa berkisar antara 0 m3/dt dan 2,9 m3/dt. Prediksi kebutuhan air bersih untuk jumlah penduduk 280.214 orang pada tahun 2013 sebesar 0,19 m3/dt. Peramalan debit untuk 10 tahun yang akan datang dengan metode Neural Network menunjukkan bahwa pada tahun 2023 Sungai Ciliwung akan memiliki debit andalan berkisar antara 0 m3/dt dan 2,88 m3/dt. Debit andalan ini diprediksi masih bisa mencukupi kebutuhan air domestik untuk 357.736 orang sesuai dengan prediksi jumlah penduduk tahun 2023, dengan kebutuhan air bersih sebesar 0,25 m3/dt.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.