SISTEM PEMELIHARAAN ASET BERBASIS ANDROID UNTUK BANGUNAN GEDUNG (STUDI KASUS EVALUASI GEDUNG-GEDUNG FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA)

Widi Hartono, Sugiyarto Sugiyarto, Sri Cipto Purnomo

Abstract

Setiap aset tidak pernah terlepas dan membutuhkan pemantauan dan pemeliharaan. Proses pemeliharaan diperlukan supaya seluruh komponen dan elemen aset dapat dioperasikan dan berfungsi sesuai dengan harapan. Jika kondisi suatu aset dipantau dalam keadaan yang kurang baik, maka kegiatan operasi akan mengalami gangguan sehingga memerlukan tindakan perbaikan dan pemeliharaan.

Seiring dengan meningkatnya perkembangan teknologi pada saat ini, dimana telah dikembangkan beberapa terobosan baru seperti smartphone berbasis sistem operasi android, jaringan internet yang semakin meluas, serta adanya sistem pelacak berupa GPS maka hal tersebut tentunya akan semakin memudahkan proses pemantauan aset di lapangan. Mengingat betapa pentingnya kegiatan pemantauan ini sudah selayaknya kegiatan ini dikembangkan dengan bantuan teknologi informasi tentang berbagai metode untuk mengetahui tingkat kerusakan aset sebagai dasar dalam pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan. Untuk merealisasikan keinginan tersebut tentunya pihak terkait membutuhkan aplikasi dan system penunjang yang efektif untuk memastikan proses pemantauan secara keseluruhan dapat dikelola dengan baik..

Dari hasil analisa dan pengecekan terhadap sistem di lapangan dapat disimpulkan bahwa dengan mengembangkan aplikasi berbasis android pada smartphone ini dapat diketahui tingkat kerusakan maupun kondisi dari elemen bangunan dengan lebih cepat, efektif dan efisien, dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.