EVALUASI KEKUATAN DAN DETAILING TULANGAN HUBUNGAN BALOK KOLOM (JOINT) BETON BERTULANG SESUAI SNI 2847:2013 DAN SNI 1726:2012 (STUDI KASUS: HOTEL PESONNA SEMARANG)

Supardi Supardi, Edy Purwanto, Bakhtiyar Adi Kurniawan

Abstract

Keselamatan bangunan diukur dari kekuatan struktur bangunan tersebut dalam menerima beban-beban yang bekerja terhadapnya. Salah satunya adalah beban gempa yang diatur oleh Standar Nasional Indonesia (SNI) 1726:2012. Daerah Hubungan balok kolom merupakan bagian penting dari struktur bangunan beton bertulang. Sruktur tersebut sering mengalami keruntuhan yang disebabkan oleh kesalahan desain hubungan balok kolom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kekuatan dan detailing hubungan balok kolom menurut standar terbaru dari SNI 2847:2013.

Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap input, analisis dan output. Tahap input pada penelitian adalah memasukan data yang diperlukan untuk tahap selanjutnya yaitu tahap analisis. Tahap analisis dilakukan dengan dua cara yaitu menggunakan model komputer dan analisis manual pada hubungan balok kolom. Tahap output dari penelitian ini adalah perbandingan antara hasil analisis dengan data yang ada di lapangan.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa hubungan balok kolom eksisiting telah memenuhi kekuatan dan detailing yang disyaratkan pada SNI 2847:2013 dan SNI 1726:2012.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.