PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU DENGAN MENERAPKAN METODE EARNED VALUE ANALYSIS (EVA) MENGGUNAKAN SOFTWARE PRIMAVERA PROJECT PLANNER P6 (Studi Kasus Proyek Pembangunan Hotel Brothers 2 Solo Baru, Sukoharjo)

Diyah Ayu Widayanti, Widi Hartono, Sugiyarto Sugiyarto

Abstract

Dalam pelaksanaan proyek, pengendalian dan perencanaan merupakan proses yang paling utama dalam mewujudkan kesuksesan proyek, sehingga pada pelaksanaannya manajemen proyek diharuskan mencari cara yang efektif dan efisien terhadap sumber-sumber daya manusia, dana, dan material. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan pengendalian proyek yaitu metode Konsep Nilai Hasil (Earned Value Analysis). EVA merupakan salah satu metode yang mampu mengendalikan penjadwalan secara efektif dan efisien, karena metode ini dapat menghitung perkiraan sementara untuk mengetahui apakah biaya sisa proyek masih mencukupi atau tidak dan apakah proyek tersebut mengalami keterlambatan pada akhir proyek.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan waktu pengamatan pekerjaan yaitu Bulan Februari, Maret, dan April tahun 2017. Data yang diperlukan yaitu Rencana Anggaran Biaya, Kurva S, dan Laporan Mingguan. Untuk mengolah data dengan metode nilai hasil dapat digunakan Software Primavera Project Planner P6, maka secara otomatis hasil analisis dapat keluar berdasarkan rumus-rumus kalkulasi yang telah dibuat oleh program ini. Sehingga perhitungan konsep nilai hasil akan lebih cepat dan akurat.

Hasil analisis data yang dilakukan pada Proyek Pembangunan Hotel Brothers 2 Solo Baru menunjukkan bahwa biaya aktual hingga Bulan April sebesar Rp24.165.960.901. Perkiraan biaya akhir proyek sebesar Rp24.327.113.972 dan perkiraan waktu akhir proyek 318 hari. Jika tidak ada evalluasi kinerja, maka kontaraktor akan mengalami kerugian sebesar Rp2.368.242.762.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.