STUDI GELOMBANG KEJUT PADA PERSIMPANGAN JALAN DAN JALAN REL DENGAN MENGGUNAKAN EMP ATAS DASAR ANALISA HEADWAY (STUDI KASUS PERLINTASAN KERETA PURWOSARI JL. SLAMET RIYADI SURAKARTA)

Agus Sumarsono, Amirotul MH Mahmudah, Ika Noviyanti

Abstract

Pertemuan antara jalan dengan jalan rel menyebabkan terjadinya antrian dan tundaan. Penelitian ini berlokasi di persilangan KA Purwosari Jl. Slamet Riyadi Surakarta pada lajur luar arah arus lalu lintas dari barat ke timur. Akibat adanya persilangan ini menyebabkan arus lalu lintas menjadi terganggu dan juga terbentuknya gelombang kejut (Shock Wave). Penelitian ini bertujuan untuk mencari nilai emp dengan metode rasio headway dan menganalisis gelombang kejut berdasarkan nilai emp kendaraan yang didapatkan dari metode rasio headway . Penelitian ini dilakukan pada hari rabu dengan periode pengambilan data pagi (jam 06.00-09.00), siang (jam 11.00-13.30) dan sore (jam15.30-18.00). Perhitungan berdasarkan model linier Greenshields. Berdasarkan analisis didapatkan nilai emp untuk sepeda motor (MC) 0,42 sementara untuk kendaraan besar (HV) 1,34. Pada perhitungan diperoleh nilai selombang kejut terbesar ?ab=4,745 km/jam, ?cb= 10,641 km/jam, dan ?ac=6,977 km/jam dengan tundaan Q= 0.264 km dan waktu penormalan T= 3,76 menit untuk lajur luar. Sedangkan perhitungan untuk lajur dalam diperoleh ?ab=2,732 km/jam, ?cb= 12,201 km/jam, dan ?ac=11,771 km/jam dengan tundaan Q= 0.274 km dan waktu penormalan T= 2,74 menit untuk lajur dalam.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.