ANALISIS KAPASITAS DUKUNG DAN PENURUNAN PONDASI KONSTRUKSI SARANG LABA-LABA DENGAN PERKUATAN GEOTEXTILE WOVEN PADA TANAH LUNAK

Niken Silmi Surjandari, Bambang Setiawan, Jermy Iwada Sawato Gea

Abstract

Pondasi Konstruksi Sarang Laba-Laba (KSLL) adalah pondasi dangkal yang tepat digunakan untuk bangunan yang berada pada tanah lempung. Penelitian ini mensimulasikan suatu gedung perkantoran 5 lantai yang menggunakan KSLL yang diperkuat dengan variasi jumlah lembar perkuatan geotekstil woven. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perkuatan terhadap kapasitas dukung dan penururnan pondasi tersebut.

Penelitian ini menganalisis pada 2 kondisi, yaitu kondisi sebelum perkuatan dan setelah perkuatan. Kondisi sebelum perkuatan menggunakan 2 metode, metode elemen hingga dan rumus empiris. Kondisi setelah penambahan perkuatan hanya menggunakan metode elemen hingga. Rumus empiris yang digunakan adalah rumus pendekatan pondasi rakit yang telah banyak digumakan pada penelitiansebelumnya. Metode elemen hingga yang digunakan untuk menganalisis parameter tanah menggunakan tipe model analisis Soft Soil Creep dan Mohr Coloumb.

Hasil analisis dari penelitian ini adalah kapasitas dukung dan penurunan segera yang terjadi pada pondasi. Kapasitas dukung adalah 635,96 kN/m2 dan penurunan 13,43 cm pada kondisi sebelum perkuatan. Kondisi setelah perkuatan dengan 1 lembar perkuatan dengan jarak 1 meter dari dasar pondasi memiliki kapasitas dukung 1474,412 kN/m2 dan penurunan segera 2,788 cm. Pada perkuatan 2 lembar dengan jarak 1 meter dan 0,75 meter dari dasar pondasi menghasilkan kapasitas dukung 1698,278 kN/m2 dan nilai penurunan segera 1,961 cm. Simulasi ini menunjukan pengaruh besar penggunaan perkuatan pada pondasi KSLL di tanah lunak.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.