EVALUASI INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL) UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Ayu Ismoyo Sofiana, Budi Utomo, Sudarto Sudarto

Abstract

Kelurahan Jebres adalah kelurahan padat penduduk yang baru saja terpasang Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Kawasan yang terletak di Universitas Sebelas Maret Surakarta.IPAL Kawasan UNS melayani seluruh kamar kecil yang ada di Universitas Sebelas Maret dan rumah-rumah serta bangunan umum di wilayah RW 10-14 Kelurahan Jebres.

Penelitian ini menguji faktor kualitas dan kuantitas yang ada pada IPAL dengan menghitung efisiensi kinerja, debit air buangan lapangan, dan pengujian umur .Pengujian efisiensi kinerja dengan cara pengukuran debit lapangan dilakukan pada efluen IPAL dan pengujian laboratorium sampel air limbah dengan parameter fisika dan kimia yaitu parameter fisika TSS dan suhu, sedangkan parameter kimiayaitu pH, COD,dan BOD. Selain itu dilakukan perhitungan umur IPAL dengan cara dibandingkan perolehan debit dengan cara kuesioner dan dengan cara standar pemakaian air.

Dari hasil penelitian sistem operasional IPAL tersebut didapatkan hasil berupa debit lapangan sebesar 3,0048 liter/detik serta efisiensi kinerja dari IPAL masing-masing parameter adalah TSS 52,69 % , BOD 74,46 %,dan COD Angka Permanganat 49,75 % sehingga efisiensi kinerja IPAL tidak sesuai dengan desain kriteria IPAL. Selain itu debit air buangan rata-rata dari kuesioner sebesar 4,854 liter/detik dan debit air buangan dari standar pemakaian air sebesar 5,5334 liter/detik. Dengan menggunakan debit air buangan kuesioner didapat umur IPAL sebesar 24 tahun pada tahun 2041. Dan dengan menggunakan debit air buangan standar pemakaian air didapat umur IPAL sebesar 21 tahun pada tahun 2038.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.