KAJIAN PENGARUH VARIASI METAKAOLIN TERHADAP KUAT TEKAN BETON MEMADAT MANDIRI MUTU TINGGI

Claudia Hidayat, Wibowo Wibowo, Endah Safitri

Abstract

Beton mutu tinggi memadat mandiri adalah beton yang dapat memadat tanpa bantuan alat penggetar serta memiliki kualitas yang tinggi. Beton ini memiliki karakteristik faktor air semen yang rendah, sehingga jarak antar partikel semen dan air semakin kecil. Superplasticizer digunakan untuk memodifikasi permukaan partikel-partikel semen menjadi lebih tersebar dan tidak menggumpal sehingga dapat meningkatkan fungsi air 25%-35% sehingga meningkatkan workability campuran beton dan mempertahankan parameter SCC.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimental dan parameter yang dikaji adalah kuat tekan beton. Benda uji yang digunakan berbentuk silinder berdiameter 15 cm dan tinggi 30 cm berjumlah 45 buah. Dilakukan variasi pada faktor air semen (0,27; 029 dan 0,31) dan bubuk metakaolin (0%; 12,5%; 17,5%; 22,5% dan 27,5%) untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel tersebut terhadap kuat tekan beton.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar faktor air semen maka kuat tekan akan semakin menurun tetapi meningkatkan workabilitas, begitu pula sebaliknya. Kadar metakaolin yang menghasilkan kuat tekan maksimum yaitu pada kadar 17,5% dari berat semen.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.