PEMILIHAN BEBERAPA CAMPURAN LAPIS TIPIS ASPAL PANAS UNTUK APLIKASI DI LAPANGAN.

Dicky Faisal, Ary Setyawan, Agus Sumarsono

Abstract

Dalam penelitian-penelitian Thin Surfacing Hot Mix Asphalt yang telah diakukan sebelumnya telah digunakan beberapa campuran. Campuran yang dibandingkan adalah Thin Surfacing Hot Mix Asphalt dengan campuran  Crumb Rubbrer, Retona Blend E55, Starbit E-55, Ethylene Vinyl Acetate dan Aspal pen 60/70. Setiap campuran memiliki karakterisitik yang berbeda satu sama lain tergantung campuran yang digunakan. Kemudian muncul pertanyaan jenis campuran manakah yang terbaik dari sisi nilai Marshall Quotient untuk diaplikasikan di lapangan? Tujuan penelitian ini adalah membandingkan hasil penelitian Thin Surfacing Hot Mix Asphalt yang terdahulu untuk diseleksi mana yang terbaik yang kemudian akan di aplikasikan di lapangan dan menentukan jumlah gilasan optimum untuk menentukan nilai volumetrik optimum yang kemudian akan diaplikasikan di lapangan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Perbandingan dan Eksperimental. Eksperimental dilaksanakan di Laboratorium Jalan Raya Universitas Sebelas Maret Surakarta dan di desa Madegondo, kecamatan Grogol, kabupaten Sukoharjo.  Adapun benda uji yang dibuat di lapangan adalah berukuran 1m x 3m dengan tebal sekitar 3cm. Variasi gilasan yang dilakukan adalah sebesar 10, gilasan, 15 gilasan dan 20 gilasan.

Hasil dari analisis perbandingan campuran menunjukkan campuran Starbit e-55 mempunyai nilai stabilitas terbaik dan digunakan untuk aplikasi di lapangan. Sedangkan dengan jumlah gilasan yang diperbanyak menghasilkan nilai volumetric yang semakin baik namun memiliki nilai yang asimptotik.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.