ANALISIS VARIABEL PEMILIHAN JALAN TOL SEGMEN BAWEN-SALATIGA

Dewi Handayani, Amirotul M.H Mahmudah, Revina Anggraeni Primasari

Abstract

Jalan tol Semarang-Solo merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa yang mempunyai peran penting dalam menjalankan roda perekonomian. Berdasarkan PT Trans Marga Jateng selaku perusahaan pengelola proyek Tol Semarang-Solo membagi ruas tol menjadi 5 seksi, salah satunya yaitu ruas Bawen-Salatiga yang terletak pada Seksi 3. Panjang tol segmen Bawen-Salatiga lebih besar daripada jalan non tol, akan tetapi kemungkinan memilih jalan tol tetap ada karena kecepatan di jalan tol lebih besar dibandingkan jalan non tol, walaupun selisih waktu tempuh paling banyak sebesar 10 menit. Maka perlu diteliti variabel apakah yang mempengaruhi pengguna memilih Jalan Tol Bawen-Salatiga. Data primer didapat dari hasil kuisioner stated preference yang diajukan kepada pengguna kendaraan golongan I dan sudah pernah melewati segmen Jalan Tol Bawen-Salatiga. Hasil tersebut dianalisis nilai utilitasnya dengan persamaan regresi logistik biner, kemudian dilakukan uji statistik (uji R2, uji chi-square, uji overall percentage) untuk mengetahui variabel terikat yang diteliti signifikan terhadap variabel bebas atau tidak. Variabel yang diteliti yaitu biaya transportasi dan waktu tempuh. Dilihat dari segi biaya dan waktu, hal tersebut tidak menguntungkan pengguna, tetapi terdapat beberapa responden yang mempertimbangkan variabel lain sehingga tetap memilih jalan tol. Variabel yang mungkin membuat pengguna memilih jalan tol Bawen-Salatiga yaitu variabel berdasarkan kondisi lalu lintas, safety, lanscape dan geometri jalan tol.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.