PENINGKATAN KEMAMPUAN TAKTIL MELALUIPENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK ATK AL-HUDA KERTEN TAHUN AJARAN 2013/2014

Sri Rahayu, Siti Istiyati, Tri Budiharto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan taktil melalui
penggunaan metode eksperimen pada anak kelompok A Al-Huda TK Kerten Tahun Akademik
2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 17 anak.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, unjuk kerja dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan
adalah model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasilnya menunjukan bahwa melalui penggunaan
metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan taktil pada anak kelompok A TK Al-
Huda Kerten Tahun Ajaran 2013/2014.


Kata Kunci : Kemampuan Taktil, Metode Eksperimen

References

Damayanti. ( 2012). Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen Pada Pembelajaran Sains

Permulaan untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Kelompok B di TK Negeri

Pembina Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Diperoleh 10 Januari 2014.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Kurikulum Standar Kopentensi. Jakarta:

Menejemen Pentidikan Taman Kanak-Kanak

Depdiknas. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di TK. Jakarta:

Depdiknas

Djamarah, B. (2005). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukasi. Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Kartini. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaaan Melalui Media Papan

Planel. Surakarta : Skripsi

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di TK. Jakarta: PT Ineka Cipta

Montessori, M. (2013). Metode Montessori. Yogyakartya: Pustaka pelajar

Puspitawati. (2012). Psikologi Faal. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Saifuddin, M. (2009). Pengantar Pendidikan Seni Rupa Anak. Salatiga: Widya Sari Press .

Sujiono, N. ( 2008). Metode pengembangan kognitif. Jakarta: Universitas

Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Suprihartiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: AR- Ruzz Media

Wiyani, A dan Barnawi. (2012). Format Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz

Media

Yamin, M. (2009). Desain Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada

Press

Refbacks

  • There are currently no refbacks.