PENINGKATAN KEMAMPUAN TAKTIL MELALUIPENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK ATK AL-HUDA KERTEN TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan taktil melalui
penggunaan metode eksperimen pada anak kelompok A Al-Huda TK Kerten Tahun Akademik
2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 17 anak.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, unjuk kerja dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan
adalah model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasilnya menunjukan bahwa melalui penggunaan
metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan taktil pada anak kelompok A TK Al-
Huda Kerten Tahun Ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Kemampuan Taktil, Metode Eksperimen
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Damayanti. ( 2012). Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen Pada Pembelajaran Sains
Permulaan untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Kelompok B di TK Negeri
Pembina Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Diperoleh 10 Januari 2014.
Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Kurikulum Standar Kopentensi. Jakarta:
Menejemen Pentidikan Taman Kanak-Kanak
Depdiknas. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di TK. Jakarta:
Depdiknas
Djamarah, B. (2005). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukasi. Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Kartini. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaaan Melalui Media Papan
Planel. Surakarta : Skripsi
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di TK. Jakarta: PT Ineka Cipta
Montessori, M. (2013). Metode Montessori. Yogyakartya: Pustaka pelajar
Puspitawati. (2012). Psikologi Faal. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Saifuddin, M. (2009). Pengantar Pendidikan Seni Rupa Anak. Salatiga: Widya Sari Press .
Sujiono, N. ( 2008). Metode pengembangan kognitif. Jakarta: Universitas
Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Suprihartiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: AR- Ruzz Media
Wiyani, A dan Barnawi. (2012). Format Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz
Media
Yamin, M. (2009). Desain Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada
Press
Refbacks
- There are currently no refbacks.