Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Industri Kreatif Memasuki Digitalisasi Bisnis Berbasis Budaya Lokal

Slamet Riyanto, Muh Nur Luthfi Azis

Abstract

Industri kreatif merupakan salah satu aktivitas ekonomi utama masyarakat di Kota Madiun. Namun, dalam persiapannya masih ada kendala yang dihadapi diantaranya keterampilan beberapa sumber daya manusia (SDM) yang kurang mumpuni untuk bersaing di pasar domestik, Pengembangan produk kreatif juga masih terbatas pada hal yang umumnya sudah beredar di pasar, serta masih kurangnya akses komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh people, self development, technology dan innovation terhadap kesiapan pelaku industri kreatif di Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan software SmartPls. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan empat faktor yang mempengaruhi kesiapan pelaku usaha industri kreatif yang meliputi people, self development, technology dan innovation diketahui bahwa faktor ini dinilai siap meskipun masih membutuhkan adanya peningkatan, perbaikan yang menuju kepada kesiapan kelangsungan usaha industri kreatif. Berdasarkan hasil analisis statistik membuktikan bahwa variabel people, self development, technology dan innovation berpengaruh signifikan dan positif terhadap kesiapan pelaku industri kreatif di Kota Madiun. Dari empat faktor tersebut yang memiliki pengaruh paling besar untuk menunjang kesiapan pelaku usaha adalah faktor technology sebesar 36,8%, disusul dengan faktor innovation sebesar 35,4%, self development sebesar 17% dan faktor terkecil adanya people sebesar 9,6%.

Kata kunci: digitalisasi; industri kreatif; kelangsungan usaha; kesiapan usaha; wirausaha

References

Aisyah, M. N., Nugroho, M. A., & Sagoro, E. M. (2014). Pengaruh technology readiness terhadap penerimaan teknologi komputer pada UMKM di Yogyakarta. Jurnal Economia, 10(2), 105–119. https://doi.org/10.21831/economia.v10i2.7537

Andria, & Nto, M. S. (2017). Strategi kesiapan UMKM Bogor dalam menghadapi persaingan global. Manajemen IKM, 11(2), 97–102. https://doi.org/10.29244/mikm.11.2.97-102

Ariani, A., & Utomo, M. N. (2017). Kajian strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Tarakan. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 13(2), 99–118. https://doi.org/10.33830/jom.v13i2.55.2017

Aydin, C. H., & Tasci, D. (2005). Measuring readiness for e-learning: Reflections from an emerging country. Educational Technology and Society, 8(4), 244–257. https://www.jstor.org/stable/jeductechsoci.8.4.244

Candra, N., & Nasution, R. A. (2014). Technology readiness and e-commerce adoption among entrepreneurs of SMEs in Bandung City, Indonesia. Gadjah Mada International Journal of Business, 16(1), 69–88. https://jurnal.ugm.ac.id/gamaijb/article/view/5468/4443

Chairunnisa, S. M., Alfina, A., & Yasmin, A. (2020). Observing micro, small, and medium enterprises (MSMEs) readiness to support cashless society. The Winners, 21(2), 101–106. https://doi.org/10.21512/tw.v21i2.6722

Departemen Koperasi dan UMKM Jawa Timur. (2019). Jumlah UMKM di Provinsi Jawa Timur menurut sektor dan kabupaten/kota. 53(9), 1689–1699.

Ghozali, I. (2008). Structural Equation Modelling Metode Alternative dengan Partial Least Square. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Grufman, N., Lyons, S., & Sneiders, E. (2020). Exploring readiness of SMEs for industry 4.0. Complex Systems Informatics and Modeling Quarterly, 146(25), 54–86. https://doi.org/10.7250/csimq.2020-25.04

Gunanta, R., & Hadian, N. (2019). 18 imperative e–commerce: Analisis kesiapan pelaku UMKM Kota Bandung dalam mengembangkan industri kreatif digital. Jurnal Akuntansi Maranatha, 11(1), 187–198. https://doi.org/10.28932/jam.v11i1.1550

Hanum, A. N., & Sinarasri, A. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e commerce dan pengaruhnya terhadap kinerja UMKM (studi kasus UMKM di wilayah Kota Semarang). Maksimum, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.26714/mki.8.1.2018.1-15

Hoa, N. T. X., & Tuyen, N. T. (2021). A model for assessing the digital transformation readiness for Vietnamese SMES. Journal of Eastern European and Central Asian Research, 8(4), 541–555. https://doi.org/10.15549/jeecar.v8i4.848

Irjayanti, M., Azis, A. M., & Sari, P. A. (2016). Indonesian SMEs readiness for Asean Economic Community. Actual Problems of Economics, 177(3), 31–38.

Juliyanti, W., & Wibowo, Y. K. (2021). Batik SMEs digital literacy analysis on digital economic readiness during the COVID-19 pandemic. Integrated Journal of Business and Economics, 5(3), 193–206. http://ojs.ijbe-research.com/index.php/IJBE/article/view/334

Karmini & Karyati. (2020). Pengembangan usaha kecil dan menengah kelompok makanan, minuman dan tembakau di Kota Tarakan. Jurnal Riset Pembangunan, 2(2), 89–97. http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/5374

Mahdani, I., Syahputra, H., Adam, M., Ikramuddin, I. &. (2020). The role of digital marketing platforms on supply chain management for customer satisfaction and loyalty in small and medium enterprises (SMEs) at Indonesia. International Journal of Supply Chain Management, 9(3), 1210–1220. https://www.researchgate.net/publication/349367487_The_Role_of_Digital_Marketing_Platforms_on_Supply_Chain_Management_for_Customer_Satisfaction_and_Loyalty_in_Small_and_Medium_Enterprises_SMEs_at_Indonesia

Maulidah, F. L., & Oktafia, R. (2020). Strategi pengembangan usaha kecil dan mikro serta dampaknya bagi kesejahteraan masyarakat di Desa Kweden Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo (menurut pandangan maqashid syariah). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 571–581. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1211

Nugroho, M. A. (2015). Impact of government support and competitor pressure on the readiness of SMEs in Indonesia in adopting the information technology. Procedia Computer Science, 72, 102–111. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.12.110

Okfalisa, Anggraini, W., Nawanir, G., Saktioto, & Wong, K. Y. (2021). Measuring the effects of different factors influencing on the readiness of SMES towards digitalization: A multiple perspectives design of decision support system. Decision Science Letters, 10(3), 425–442. https://doi.org/10.5267/j.dsl.2021.1.002

Okfalisa, O., Mahyarni, M., Anggraini, W., Saeed, F., Moshood, T. D., & Saktioto, S. (2022). Quadruple Helix engagement: Reviews on shariah fintech based SMEs digitalization readiness. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Informatics (IJEEI), 10(1), 112–122. https://doi.org/10.52549/ijeei.v10i1.3455

Pigosso, D. C. A., Schmiegelow, A., & Andersen, M. M. (2018). Measuring the readiness of SMEs for eco-innovation and industrial symbiosis: Development of a screening tool. Sustainability (Switzerland), 10(8), 1–25. https://doi.org/10.3390/su10082861

Resmi, N. N., & Mekarsari, N. K. A. (2017). Pengembangan perguruan tinggi swasta melalui analisis SWOT. Prosiding Seminar: Revitalisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi Juni 2017, 14, 178–191. fisip-unipas.com/asset/user_file/20171126023321_ni nyoman resmi & ni ketut adi mekarsari- prosiding revitalisasi tata kelola perguruan tinggi 2017.pdf

Riyanto, S., Amet, & Hatmawan, A. A. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Ekperimen. Yogyakarta: Deepublish. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sani, A., Nawangtyas, N., Budiyantara, A., & Wiliani, N. (2020). Measurement of readiness and information technology adoption based on organizational context among SMEs. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 16(2), 225–232. www.bri-institute.ac.id

Sari, R. P., & Santoso, D. T. (2020). Readiness factor identification on Kabupaten Karawang SMEs towards industry 4.0 era. Jurnal Teknik Industri, 22(1), 65–74. https://doi.org/10.9744/jti.22.1.65-74

Suparti, Sunaryanto, Achadiyah, B. N., & Nuris, D. M. (2019). Analysis Of SMEs readiness in implementing financial accounting standart micro small and medium entreprises. International Journal of Business, Economics and Law, 20(5), 148–155. https://ijbel.com/wp-content/uploads/2020/02/IJBEL20_241.pdf

Ulfah, A., & Desmiyawati. (2018). Pengaruh inovasi dan perencanaan strategi terhadap kinerja usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Jurnal Ekonomi Dan Sosial, IX(1), 22–37. http://ojs.ekuitas.ac.id/index.php/REAS/article/view/337

Verbyani, V., & Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh inovasi, orientasi kewirausahaan dan pasar terhadap keunggulan bersaing UKM kuliner. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(3), 875–883. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i3.13219

Widayani, A., Astuti, E. S., & Saifi, M. (2020). Competence and readiness of small and medium industries against of industrial revolution 4.0. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012114

Zaidi, M. F. A., & Belal, H. M. (2019). Understand the SMEs’ readiness on IoT in Malaysia. International Journal of Accounting, 4(19), 1–12. http://www.parlimen.gov.my/files/hindex/pdf/DR-27102017.pdf

Zhaviery, H. F., Anisah, H. U., & Faidah, A. N. (2019). Pengaruh kepribadian dan kompetensi sumber daya manusia terhadap kinerja UMKM Sasirangan di Kota Banjarmasin. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan (JSMK), 3(1), 35–41. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jsmk/article/view/6897

Refbacks