Pengaruh Dark Triad Personality terhadap Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa

Syatriana Yoliser, Rahmawati Prihastuty

Abstract

Intensi berwirausaha atau keinginan memulai usaha baru pada mahasiswa berperan penting untuk mengurangi angka pengangguran. Adapun motif individu untuk memulai wirausaha didasari oleh keinginan terbebas dari organisasi, dan keinginan mengejar kekuasaan serta kontrol atas orang lain. Motif individu memulai wirausaha memiliki kemiripan dengan karakteristik dark triad personality. Dark triad personality diartikan sebagai tiga sifat kepribadian atau sisi gelap saling berkaitan satu sama lain yang berfokus kepada tiga traits yaitu machiavellianism, narcissism, dan psychopathy. Sifat kepribadian ini dicirikan oleh keinginan untuk mendominasi (kekuasaan), dan memanipulasi orang lain untuk mencapai tujuannya. Individu yang memiliki dark triad personality tinggi cenderung berkeinginan memulai wirausaha yang disebabkan oleh kesamaan motif individu memulai wirausaha. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui pengaruh dark triad personality terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa, (2) mengetahui pengaruh variabel kontrol jenis kelamin dan latar pendidikan terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan model regresi linear berganda dalam analisis data pada 186 Mahasiswa di Universitas Negeri Semarang. Hasil membuktikan bahwa, secara bersamaan dark triad personality dapat berpengaruh terhadap intensi berwirausaha mahasiswa secara signifikan positif sebanyak 21% dengan p<0.001. Secara parsial hanya mahasiswa kepribadian narcissism dominan yang dapat berpengaruh terhadap intensi berwirausaha dengan p<0.001, namun mahasiswa memiliki machiavellianism dan psychopathy dominan ditemukan tidak berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha dengan p>0.001. Kemudian, hasil menunjukkan pengaruh variabel kontrol latar pendidikan mahasiswa dapat mempengaruhi intensi berwirausaha secara signifikan positif dengan p=0.02<0.05, namun variabel jenis kelamin tidak dapat mempengaruhi intensi berwirausaha pada mahasiswa dengan p=0.73> 0.05.

Kata kunci: dark triad personality; intensi; kekuasaan; manipulatif; wirausaha

References

Alwisol. (2018). Psikologi kepribadian. Universitas Muhammadiyah Malang.

Anjum, T., Amoozegar, A., Farrukh, M., & Heidler, P. (2022). Entrepreneurial intentions among business students: the mediating role of attitude and the moderating role of university support. Education and Training, 63(2), 1–20. https://doi.org/10.1108/ET-01-2021-0020

Azwar, S. (2018). Reliabilitas dan validitas (4th ed.). Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2022). Statistik Indonesia tahun 2022. Badan Pusat statistik. https://www.bps.go.id/publication/2022/02/25/0a2afea4fab72a5d052cb315/statistik-indonesia-2022.html

Brownell, K. M., McMullen, J. S., & O’Boyle, E. H. (2021). Fatal attraction: A systematic review and research agenda of the dark striad in entrepreneurship. Journal of Business Venturing, 36(3), 1–18. https://doi.org/ 10.1016/j.jbusvent.2021.106106

Cai, L., Murad, M., Ashraf, S. F., & Naz, S. (2021). Impact of dark tetrad personality traits on nascent entrepreneurial behavior : the mediating role of entrepreneurial intention. Frontiers of Business Research in China, 15(7), 1–19. https:// doi.org/https://doi.org/10.1186/s11782-021-00103-y

Darmawan, Y. (2018). Pengaruh elemen kontekstual terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Diploma III Akuntansi. Wahana, 21(2), 88–97. https://doi.org/10.35591/ whn.v21i2.143

Franita, R., & Fuady, A. (2019). Analisa pengangguran di Indonesia. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), 2(1), 88–93. http://jurnal.um-tapsel. ac.id/index.php/nusantara/article/view/97

Furnham, A., Richards, S. C., & Paulhus, D. L. (2013). The dark triad of personality: a 10 year review. Social and Personality Psychology Compass, 7(3), 199–216. https://scholarship.claremont.edu/cmc_theses/381/

Hmieleski, K. M., & Lerner, D. A. (2016). The dark triad and nascent entrepreneurship : an examination of unproductive versus productive entrepreneurial motives. Journal of Small Business Management, 54(1), 7–32. https://doi.org/10.1111/jsbm.12296

Islami, N. N. (2015). Pengaruh sikap kewirausahaan, norma subyektif, dan efikasi diri terhadap perilaku berwirausaha melalui intensi berwirausaha mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 3(1), 5–20. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n1.p5-20

Jones, D. N., & Paulhus, D. L. (2014). Brief measure of dark personality traits. Assessment, 21(1), 28–41. https://doi.org/ 10.1177/1073191113514105

Listiawati, M., I., Cicilia, Susantiningrum. (2020). Pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan pemanfaatan media sosial terhadap minat berwirausaha di mahasiswa FKIP UNS. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 25(1), 27-36. https://doi.org/10.20961/jkb.v25i1.43386

Mart´ınez-Gregorio, S., & Oliver, A. (2022). Measuring entrepreneurship intention in secondary education : Validation of the entrepreneurial intention questionnaire. Journal of Psychoeducational Assessment, 40(4), 499–513. https:// doi.org/10.1177/07342829211069222

Mathieu, C., Neumann, C. S., Hare, R. D., & Babiak, P. (2014). A dark side of leadership: Corporate psychopathy and its influence on employee well-being and job satisfaction. Personality and Individual Differences, 59(15), 83–88. https://doi.org/10.1016/j.paid.2013.11.010

McManus, K. C., Pillow, D. R., & Thomas R. Coyle. (2022). Narcissism and academic performance: a case of suppression. Personality and Individual Differences, 199(820), 1–6. https://doi.org/10.1016/ j.paid.2022.111820.

Moshagen, M., Hilbig, B. E., & Zettler, I. (2018). The dark core of personality. Psychological Review, 125(5), 656–688. https://doi.org/10.1037/rev0000111

Rakhmat, J. (2018). Psikologi komunikasi: Edisi revisi. Simbiosa Rekatama Media.

Santos, H. C., Varnum, M. E. W., & Grossmann, I. (2017). Global increases in individualism. Association For Psychological Science, 28(9), 1–12. https://doi.org/10.1177/0956797617700622

Sugiyono. (2021). Statistika untuk penelitian. Alfabeta.

Susana, T. (2013). Evaluasi terhadap asumsi teoritis individualisme dan kolektivisme: Sebuah studi meta analisis. Jurnal Psikologi, 33(1), 33–49. https://jurnal. ugm.ac.id/jpsi/article/download/7959/6161

Westerman, J. W., Bergman, J. Z., Bergman, S. M., & Daly, J. P. (2014). Narcissism, materialism, and environmental ethics in business students. Journal of Management Education, 38(4), 489–510. https://doi.org/10.1177/1052562913488108

Wu, W., Su, Y., Huang, X., Liu, W., & Jiang, X. (2019). The dark triad, moral disengagement, and social entrepreneurial intention : Moderating roles of empathic concern and perspective taking the dark triad and social. Frontiers in Psychology, 11(1520), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01520

Yuniasanti, R., & Verasari, M. (2015). Intensi berwirausaha pada mahasiswa tingkat akhir. Psikologika, 20(1), 91–99. https://journal.uii.ac.id/Psikologika/article/download/7713/6717/14132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.