Perancangan Label Kemasan Produk Olahan Gerit Duwet Polinema Tortilla Chips sebagai Media Promosi

Baroroh Lestari, Arni Utamaningsih, Siti Nurbaya, Becik Gati Anjari, Mahmudatul Himma

Abstract

Masyarakat Dusun Petungsewu, Desa Duwet, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang merupakan penghasil olahan gerit berupa Duwet Polinema Tortilla Chips (Dupitos). Dupitos merupakan tortilla chips dengan bahan baku dasar jagung. Terdapat kelemahan dalam usaha tersebut, yakni mengemas hasil ke dalam label sederhana, membuat produk secara visual kurang berkesan bagi konsumen. Oleh karena itu, tujuan kegiatan adalah merancang label kemasan Dupitos sebagai media promosi. Kegiatan dilaksanakan mulai bulan April sampai November 2022. Metode dalam kegiatan ini menggunakan pengumpulan data dan analisis. Proses desain menggunakan teknik THINK. Kegiatan ini menghasilkan label untuk Dupitos. Desain label mengadopsi metode THINK untuk mendesain label setelah melakukan analisis SWOT. Kegiatan yang telah dilaksanakan di masyarakat Dusun Duwet Desa Petungsewu Kabupaten Tumpang mampu meningkatkan penjualan Dupitos. Hal ini dapat dilihat dari penjualan yang semula hanya 20 pak ukuran 100g per minggu menjadi 35 pak ukuran 100g dan 10 pak ukuran 250g per minggu.

Kata kunci: desain; Dupitos; label; Petungsewu

References

Anwari, E., Meilani, E., & Prasetyowati, O. (2018). Perancangan grafis kemasan makanan burayot sebagai oleh-oleh khas Garut. DeKaVe, 10(2), 12–24. https://doi.org/10.24821/dkv.v10i2.1990

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya kemasan terhadap penjualan produk perusahaan. Sosio e-kons, 10(1), 20-27. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223

Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang. (2022). Kabupaten Malang dalam angka 2022. https://malangkab.bps.go.id/publication/2022/02/25/0ce4694a8e6b6cbb1b351532/kabupaten-malang-dalam-angka-2022.html

Cahyadi, A. B., Sugiono, & Efranto, R. Y. (2014). Perumusan strategi unggulan jasa bus damri berbasis analisi SWOT dan quality function deployment (QFD). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, 2(1), 80–91. http://jrmsi.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jrmsi/article/view/62

Hartanto, S., Yuwono, E. C., & Soewito, B. M. (2015). Perancangan desain kemasan produk homemade pie ”391” Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 1-13. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/3303

Hasbullah, U. H. A., Rasiman, Hadi, D. P., & Purnomo, A. (2018). Pelatihan pengemasan produk pangan olahan jagung dan jahe di Desa Ngombak dan Kalimaro Kecamatan Kedungjati Grobogan. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 23(11), 17–24. https://dx.doi.org/10.20961/jkb.v22i12.27342

Hendrasty, H. K. (2013). Pengembasan dan Penyimpanan Bahan Pangan (Ed 1). Yogyakarta Graha Ilmu.

Muhsin, M., & Ahmad, N. S. (2017). Peningkatan kualitas dan produktivitas kripik pisang dengan mesin perajang di Desa Jati Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Jurnal Abdimas, 1(2), 11–17. https://dx.doi.org/10.24269/adi.v1i2.773

Puryantoro, P. (2018). PKM desain labelling kemasan kerupuk ikan pada industri kecil menengah di Desa Pesisir Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Warta Pengabdian, 12(1), 233-238. https://doi.org/10.19184/wrtp.v12i1.7337

Rosalina, Y., Alnopri, A., & Prasetyo, P. (2012). Packaging design in increasing the value added of honey of coffee flower as a regional prime product. Jurnal Agroindustri, 2(1), 8–13. https://doi.org/10.31186/j.agroind.2.1.8-13

Rosandi, S., & Sudarwanto, T. (2014). Pengaruh citra merek dan desain kemasan terhadap minat beli konsumen pada produk susu ultra. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 2(2), 1–16. https://doi.org/10.26740/jptn.v2n2.p%25p

Štefanić, I. (2018). Labelling of food products: Good marketing versus legal obligation. Zbornik Veleučilišta u Rijeci, 6(1), 399–412. https://doi.org/10.31784/zvr.6.1.24

Tanjung, R. H. R., & Maury, H. K. (2018). Pelatihan pengolahan dan pengemasan pangan lokal untuk meningkatkan nilai ekonomi produk pertanian Di Kampung Rhepang Muaif. Jurnal Pengabdian Papua, 2(1), 32–38. https://doi.org/10.31957/.v2i1.643

Tonkin, E., Meyer, S. B., Coveney, J., Webb, T., & Wilson, A. (2016). The process of making trust related judgements through interaction with food labelling. Food Policy, 63(1), 1–11. https://doi.org/10.1016/j.foodpol.2016.06.007

Yuliani, R. & Widyakanti. (2020). Peningkatan penjualan melalui inovasi kemasan dan label pada UMKM. Jurnal Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 2, 71–76. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i2.990.

Yuliari, G., & Riyadi, B. (2015). Meningkatkan nilai tambah produk olahan ikan dengan strategi diversifikasi yang berbasis pasar global. Prosiding Seminar Nasional Optimalisasi Peran Industri Kreatif dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 216–225. https://docplayer.info/52376270-Meningkatkan-nilai-tambah-produk-olahan-ikan-dengan-strategi-diversifikasi-yang-berbasis-pasar-global-abstract.html

Refbacks

  • There are currently no refbacks.