Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan Kelas XII SMKN 2 Surakarta

W.S Muammar Afwan Ghofar, Abdul Haris Setiawan, Budi Siswanto

Abstract


Penelitian dan pengembangan media pembelajaran Augmented Reality ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media Augmented Reality berbasis android pada materi spesifikasi jembatan, dan (2) mengetahui tingkat kelayakan media Augmented Reality berbasis android pada materi spesifikasi jembatan. Penelitian ini berlandaskan oleh permasalahan di mana siswa kesulitan memvisualisasikan gambar jembatan pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan (KJJ) yang disajikan secara 2D. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Produk hasil dari pengembangan media pembelajaran AR adalah aplikasi AR untuk materi spesifikasi jembatan menggunakan android. Produk tersebut membantu siswa dalam memvisualkan gambar struktur jembatan. Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran oleh ahli instruksional, ahli materi dan ahli media pada aspek kevalidan memperoleh persentase rata-rata sebesar 95,8% dengan kategori sangat layak yang berarti media pembelajaran sangat valid. Dari hasil uji coba yang dilakukan oleh siswa kelas XII DPIB dari aspek usability berdasarkan ISO 25010 yang mengadopsi kuesionerdari use quisionere lund mendapatkan rata - rata sebesar 89% dengan kategori sangat layak.

Keywords


augmented reality, media pembelajaran, model 3D, spesifikasi jembatan

Full Text:

PDF
rticle

References


Agustina, W. W., Sumarto, S., & Trisno, B. (2019). Augmented Reality Based On Stem For Supporting Science Literacy In Vocational Education. Journal Of Physics: Conference Series, 1375(1). https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1375/1/012088
Akbar, A., & Noviani, D. N. (2019). Tantangan Dan Solusi Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia.
Assyauqi, M. I., & Pd, M. (2014). Pengembangan Media Pada Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arabberbasis Komputermenurut Konsep Teknologi Pembelajaran.
Burhanudin, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika Di SMK Hamong Putera 2 Pakem Development Of Augmented Reality Learning Media For The Basic Electronics Subject In SMK Hamong Putera 2 Pakem (Vol. 7, Issue 3). http://Journal.Student.Uny.Ac.Id/Ojs.
Crozat, S., Trigano, P., Hû, O., & Hu, O. (2004). Empi: A Questionnaire Based Method For The Evaluation Of Multimedia Interactive Pedagogical Software. https://Edutice.Hal.Science/Edutice-00000398.
Dewi, N., Eka Murtinugraha, R., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 Pvkb Unj. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(2). http://Journal.Unj.Ac.Id/Unj/Index.Php/Jpensil.
Garzón, J. (2021). An Overview Of Twenty-Five Years Of Augmented Reality In Education. In Multimodal Technologies And Interaction (Vol. 5, Issue 7). Mdpi Ag. https://Doi.Org/10.3390/Mti5070037.
Muhayat, U., Wahyudi, W., Wibawanto, H., Hardyanto, W., & Artikel, S. (2017). Pengembangan Media Edukatif Berbasis Augmented Reality Untuk Desain Interior Dan Eksterior Info Artikel. In Innovative Journal Of Curriculum And Educational Technology Ijcet (Vol. 6, Issue 2). https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Ujet.
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 174.
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525.
Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Pneumatik Di Smk. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 136. https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jptk/Issue/View/716.
Mustaqim, I., Pd, S. T., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. http://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jee/.
Nistrina, K. (2021). Penerapan Augmented Reality dalam Media Pembelajaran. In Jurnal Sistem Informasi, J-Sika (Vol. 03, Issue 01).
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Vol. 03).
https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.
Raharjo, N. E., & Dinata, D. C. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality For Bridge Pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan Dan Jembatan Untuk Smk Kelas Xi Dpib. In 100 Jpts (Vol. 1).
https://doi.org/10.21831/jpts.v3i1.41891.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v18i2.93304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 W.S Muammar Afwan Ghofar

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.