Pengembangan E-module Interaktif pada Materi Pengolahan Hasil Samping Hewani untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK PPN Tanjungsari

Yatti Sugiarti, Dara Regita Anandari, Mustika Nuramalia Handayani

Abstract


Di SMK PPN Tanjungsari, pembelajaran pada materi Pengolahan Hasil Samping Hewani belum didukung buku fisik atau modul, sementara praktikum yang dilakukan tidak sesuai dengan Capaian Pembelajaran (CP). Kondisi ini mendorong pengembangan E-module interaktif untuk menunjang proses pembelajaran. e-module interaktif adalah media digital yang membantu peserta didik memahami materi secara mandiri maupun terintegrasi dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-module interaktif serta dampaknya terhadap hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Pengembangan E-module menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-module interaktif dinyatakan “sangat layak” oleh ahli media, materi, bahasa, serta peserta didik. Penerapannya melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus dengan model Project Based Learning (PjBL) menunjukkan peningkatan aspek kognitif dari kategori “rendah” menjadi “tinggi,” aspek psikomotorik dalam kategori “sangat terampil,” dan aspek afektif dengan nilai rata-rata “sangat baik.” e-module ini efektif mendukung pembelajaran.

Keywords


e-module interaktif, hasil belajar, media pembelajaran

Full Text:

PDF
rticle

References


Fanani, Aziz. (2021). Pengembangan E-module Pembelajaran Ips Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Sd Gugus Dr Sutomo Mandiraja Banjarnegara. Masters Thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-module. 1–57. Jakarta: Kemendikbud.
Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian Fase F Untuk SMK/MAK. Jakarta: Kemendikbudristek.
Laila, Meyrina Eka. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sol-Ar (Solar System Augmented Reality) Pada Muatan Pelajaran I Bagi Siswa Kelas VI.
Susyana, A., & Mu'min, A. (2021). Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid19 di SDN 45 Mulaeno Kabupaten Bombana. Diniyah: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 68-75.
https://doi.org/10.31332/dy.v2i2.2831
Syah, M. N. F., Hidayatullah, R. S., Kurniawan, W. D., & Susanti, N. A. (2023). Pengaruh Media Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Generasi Z Siswa Kejuruan. JMEL: Journal of Mechanical Engineering Learning, 12(1), 29-38.
Winarsih, Wina. (2023). Pengembangan E-module Pada Materi Pengolahan Produk Minuman Herbal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMKN 4 Garut. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Zahro, U. L., Serevina, V., & Astra, I. M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Appluing, Cooperating, Transferring (React) Berbasis Karakter pada Pokok Bahasan Hukum Newton. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika 2(1), 63-68.
https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i1.4906.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v18i2.92814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dara Regita Anandari

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.