Analisis Kefektifan Pembelajaran Microlearning Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan High Order Thingking Skill (HOTS) pada Siswa SMK 1 Muhammadiyah Cepu
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran microlearning berbasis multimedia interaktif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher-Order Thinking Skills/HOTS) siswa di SMK Muhammadiyah 1 Cepu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen. Analisis data dilakukan melalui uji prasyarat dan uji hipotesis dengan membandingkan nilai pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran microlearning berbasis multimedia interaktif cukup efektif, dengan nilai N-Gain sebesar 58%. Model pembelajaran ini berhasil meningkatkan HOTS siswa, di mana rata-rata nilai siswa meningkat dari 56,40 menjadi 82,16, dengan persentase peningkatan sebesar 25%. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis multimedia interaktif dapat menjadi alat yang efektif dan menarik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa di sekolah kejuruan. Selain itu, pendekatan ini tidak hanya mendukung keterlibatan siswa dalam pembelajaran tetapi juga sejalan dengan tujuan pendidikan untuk mengembangkan kemampuan kognitif tingkat tinggi. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi model pembelajaran inovatif dalam pendidikan kejuruan untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan abad ke-21.
Keywords
High Order Thinking Skills (HOTS), microlearning, multimedia interaktif
Adnas, D. A. (2022). Perancangan dan Pengembangan Jalur Pembelajaran pada E-Learning Menggunakan Micro-Learning. Journal of Information System and Technology, 3(03), 20-27. https://doi.org/10.37253/joint.v3i3.7293 Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi, 1–87. Hake, R. R. (1991). Analyzing Change/Gain Scores. United States : Department of Physics. Indiana University. Nugraha, H., Rusmana, A., Khadijah, U., & Gemiharto, I. (2021). Microlearning Sebagai Upaya dalam Menghadapi Dampak Pandemi pada Proses Pembelajaran. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(3), 225–236. https://doi.org/10.17977/um031v8i32021p225. Sadikin, A., & Yelianti, U. (2021). Inovasi Pembelajaran Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Berbasis Model PjBL (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Biodik, 7(3), 195–204. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.15709.