Analisis Implementasi Kecerdasan Buatan pada Pembelajaran di Prodi Pendidikan Teknik Mesin UNS
Abstract
Perkembangan zaman membuat kemajuan teknologi meningkat sangat pesat. Terutama dibidang Pendidikan, muncul teknologi yang disebut AI. Adanya AI sangat membantu mahasiswa dalam pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan (1) Untuk memperoleh gambaran penggunaan kecerdasan buatan dalam pembelajaran di prodi Pendidikan Teknik Mesin UNS; (2) Untuk mengetahui dampak penggunaan kecerdasan buatan terhadap pembelajaran di prodi Pendidikan Teknik Mesin UNS. Penelitian ini menggunakan mix method explanatory yaitu merupakan gabungan dengan pengumpulan data kuantitatif terlebih dahulu. Teknik penggambilan data angket dengan proportionate stratified random sampling dan wawancara dengan purposive sampling. Teknik validasi instrumen menggunakan uji validasi isi dan uji validasi konstruk serta triangulasi data untuk menjamin keabsahan data. Teknik analisis menggunakan kriteria penilaian dan reduksi data. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi kecerdasan buatan pada pembelajaran di Prodi PTM UNS berdasarkan 9 indikator. Dari 9 indikator tersebut 2 indikator pada kriteria sangat tinggi, 4 indikator pada kriteria tinggi dan 2 indikator pada kriteria normal. Hasil wawancara menunjukkan bahwa implementasi kecerdasan buatan memberikan dampak positif bagi pembelajaran. Tapi ada beberapa dosen yang kurang mengerti penggunaan AI oleh mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arly, A., Dwi, N., & Andini, R. (2023). Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Kelas A. Prosiding Seminar Nasional, 362–374.
Azhari, C. D. S., Afif, Z., & Kustati, M. (2023). Penelitian Mixed Method Research Untuk Disertasi. Nana Sepriyanti INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 8010–8025.
Azwar, S. (2007). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Blau, I., & Shamir-Inbal, T. (2017). Re-designed flipped learning model in an academic course: The role of co-creation and co-regulation. Computers and Education, 115, 69–81. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.07.014
Cahyanto, H. N., Pamungkas, P., & Zulkarnain, O. (2024). Pengaruh Penggunaan ChatGPT Terhadap Kemandirian Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akademik. PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat , 8(1), 930–935.
Devianto, Y., & Dwiasnati, S. (2020). Kerangka Kerja Sistem Kecerdasan Buatan dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Indonesia. Jurnal Telekomunikasi Dan Komputer, 10(1), 19. https://doi.org/10.22441/incomtech.v10i1.7460
Hasni, Batusalu, E., & Kambira, J. (2023). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dengan AI Sebagai Asisten Pembelajaran. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UKI Toraja , 84–91.
Karyadi, B. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan dalam Mendukung Pembelajaran Mandiri. Educate JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN, 8(2), 253–258. https://doi.org/10.32832/educate.v8i02.14843
Komag, N., & Astini, S. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar untuk Menyiapkan Generasi Milenial. Tantangan Dan Peluang Dunia Pendidikan Di Era 4.0, 113–120. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya
Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., & Susilawati, E. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences(AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192–5201.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications, Inc.
Muarif, J. A., Jihad, F. A., Alfadli, M. I., & Setiabudi, D. I. (2023). Hubungan Perkembangan Teknologi Ai Terhadap Pembelajaran Mahasiswa. Jurnal Pendidikan : SEROJA, 2(2).
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0 Kajian dari Perspektif Pembelajaran Matematika. JURNAL TATSQIF, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203
Putri, V. A., Carissa, K., Sotyawardani, A., & Rafael, R. A. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional, 615–630.
Rahardja, U., Aini, Q., Manongga, D., Sembiring, I., Putri, Y., & Sanjaya, A. (2023). Enhancing Machine Learning with Low-Cost PM 2.5 Air Quality Sensor Calibration using Image Processing. APTISI Transactions on Management (ATM), 7(3), 11–19. https://doi.org/10.33050/atm.v7i3.2062
Rahardja, U., Q. Aini, N. Lutfiani, E. P. Harahap, & E. A. Nabila. (2021). Business Intelligence and Sinta Analytics to Improve Indonesian National Research in Education 4.0 Era. Proc. Int. Conf. Ind. Eng. Oper. Manag, 4744–4756. https://doi.org/10.46254/AN11.20210830
Ribatul Hilda, N., Syahrul Azhar, M., & Himatul Ulya, V. (2022). Humanisasi Proses Pembelajaran: Fenomena Ketergantungan Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 3, 2963–3222.
Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1), 37–42. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i1.287
Sugiyino. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kuantitatif,dan R&D) (22nd ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantatif (3rd ed.). Alfabeta. https://doi.org/978-602-289-373-8
Winaryati, E. (2019). Action Research dalam Pendidikan (Antara Teori dan Praktik). UNIMUS Press. http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3601
DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v18i1.88644
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mursid Adhiluhung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.