Strategi Menciptakan Generasi Beretika di Era Digital

Meutia Az Zahra Aziz, Novian Hayuning, Nurul Izah Fitrian, Redita Anggraeni

Abstract


Seiring berkembangnya teknologi, generasi muda saat ini memerlukan pendekatan pendidikan yang sesuai dengan tren digital yang ada. Perlunya strategi yang efektif dalam menerapkan pendidikan karakter melalui pengintegrasian dalam pembelajaran, kolaborasi dan diskusi, pemberian ruang kreativitas, serta literasi digita dan etika online sesuai kemajuan teknologi saat ini. Oleh karena itu, pendidikan karakter generasi muda di era digital haruslah berfokus pada pengembangan keterampilan yang diperlukan untuk berperilaku baik di lingkungan digital. Tujuan dari pendekatan ini agar generasi muda dapat dibantu untuk tumbuh menjadi individu yang beretika dan berperilaku baik di era digital yang semakin kompleks dan dinamis. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode penelitian kualitatif, data dikumpulkan dengan cara berupa kuisioner, dengan responden adalah mahasiswa di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dapat dilakukan untuk membentuk karakter generasi muda di era digital antara lain: penerapan pendidikan karakter, ikut serta dalam kegiatan seminar, penerapan kode etik, mengadakan program pengembangan diri, mengamalkan sila pancasila, melakukan pembinaan dan sosialisasi, menyediakan fasilitas untuk peningkatan literasi media, saling menghormati, pemberian batasan penggunaan smartphone dan saring sebelum sharing.


Keywords


era digital, generasi beretika, pendidikan karakter

Full Text:

PDF
rticle

References


Fatah, A., Donesia, D., Putri, W. D., & Idzuka, V. (2023). STRATEGI MENINGKATKAN KESADARAN MAHASISWA TERHADAP ETIKA DAN MORAL DI UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG. 3(3), 253–264.

Indayanti, A. N., & Malik, A. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Profetik Terhadap Motivasi Kinerja di Institusi Perguruan Tinggi. Kharisma: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(2), 113–125. https://doi.org/10.59373/kharisma.v2i2.33

Muldiah, S. (2023). KESADARAN MAHASISWA DALAM BERETIKA DI ZAMAN ERA DIGITAL. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Keislaman, 3(2), 241–248. https://doi.org/10.55883/jipkis.v3i2.75

Oktaviana, M., Achmad, Z. A., Arviani, H., & Kusnarto, K. (2021). Budaya komunikasi virtual di Twitter dan Tiktok: Perluasan makna kata estetik. Satwika : Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 5(2), 173–186. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i2.17560

Primasari, D. A. G., Dencik, & Imansyah, M. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER BAGI GENERASI MASA KINI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

Putri, D. P. (2018). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2, 38–50. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836

Rahman, F. A., Rohmah, M., Rustiani, S., Fatmawati, I. Y., & Zahro, N. A. D. S. (2023). Pendidikan Karakter Dalam Era Digital: Bagaimana Teknologi Mempengaruhi Pembentukan Moral Dan Etika. Journal of Creative Student Research (JCSR, 1(6), 294–304. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i6.2975

Riswanto, D., & Marsinun, R. (2020). Perilaku Cyberbullying Remaja di Media Sosial. Analitika, 12(2), 98–111. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i2.3704

Safitri, A., & Anggraeni Dewi, D. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Pedoman Generasi Milenial dalam Bersikap di Media Sosial.

Salsabila, A., Ramadhani, A. P., Ramdini, E. H., Husna, F. N., Sadiyah, N. S. N., Aini, Z. Q., & Nugraha, D. M. (2024). MENCIPTAKAN PERDAMAIAN MELALUI ETIKA BERMEDIA SOSIAL. Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, dan Humaniora, 2 (1): 69–, 2985–5624. http://jurnal.kolibi.org/index.php/kultura

Septiyadi, C. A., Khafifah, Z., Khumairoh, A. S., & Hidayatullah, A. F. (2021). TRUTH DAN POST TRUTH DALAM PERSPEKTIF AL-KINDI PADA ERA MILENIAL (MEDIA SOSIAL). Jurnal Penelitian Humaniora, 22(1), 40–50. https://doi.org/10.23917/humaniora.v22i1.9344

Sudarsana, I. K. (2017). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Di Sekolah (Persepektif Teori Konstruktivisme). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 8–15.

Sunandari, Sari, A. N. A., Mustainah, S., Viftar, M., & Kalsum, N. U. (2023). Pengaruh Era Digital pada Pembentukan Karakter Anak di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2115

Suyanto, T., Prasetyo, K., Isbandono, P., Zain, I. M., Purba, I. P., & Gamaputra, G. (2018). Persepsi mahasiswa terhadap kemunculan berita bohong di media sosial. In Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan (Vol. 15, Nomor 1). https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/index

Syah, R., & Hermawati, I. (2018). View of Upaya Pencegahan Kasus Cyberbullying bagi Remaja Pengguna Media Sosial di Indonesia. Jurnal PKS, 17(Vol. 17 No. 2 (2018): Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial), 131–146. https://doi.org/https://doi.org/10.31105/jpks.v17i2.1473

Triyanto, T. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175–184. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v18i1.88336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Redita Anggraeni, Meutia Az Zahra Aziz, Novian Hayuning, Nurul Izah Fitrian

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.