Pengembangan E-Module Pembelajaran Sistem Kelistrikan Bodi Otomotif di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret

Abdul Widayat Seno Adji, Valiant Lukad Perdana Sutrisno, Ngatou Rohman

Abstract


Era revolusi industri 4.0 memberikan banyak perkembangan teknologi di semua bidang termasuk dalam dunia pendidikan. Salah satu perkembangannya adalah terciptanya modul elektronik sebagai media pembelajaran.  Melalui penelitian ini, akan dikembangkan modul pembelajaran elektronik yang layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran kelistrikan bodi otomotif di Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret. Berdasarkan survei menyatakan bahwa pembelajaran kelistrikan bodi otomotif bersifat monoton dan kurang menarik karena media yang digunakan tidak interaktif serta tidak ada video penunjang pembelajaran sehingga materi yang diajarkan lebih susah untuk dipahami mahasiswa. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Modul yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Setelah dinyatakan layak untuk digunakan, kemudian modul diujicobakan kepada dosen pengampu mata kuliah dan mahasiswa. Berdasarkan validasi dan uji coba yang dilakukan e-module pembelajaran dinyatakan layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran kelistrikan bodi otomotif di Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret Surakarta.


Keywords


ADDIE, e-module, kelistrikan bodi otomotif, penelitian pengembangan

Full Text:

PDF
rticle

References


Alpian, Y., Anggraeni, S. Wu., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Centaury, B. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri pada Materi Alat Optik dan Indikator Dampak terhadap Kompetensi Siswa Kelas X SMA. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 1(2). https://doi.org/10.22202/jrfes.2015.v1i2.1403

Ernawati, T., & Susanti. (2021). E-Modul IPA 2 untuk Pembelajaran Mandiri di Masa Pandemi Covid-19. https://ejurnal.mercubuanayogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1658

Khulaifiyah, Putri, C. S., Nunuk, S., & Marhamah. (2022). E-Modul dengan Canva Apps untuk Mendorong Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat Universitas Jambi, 6(2), 420. https://online-journal.unja.ac.id/

Laraphaty, N. F. R., Riswanda, J., Anggun, D. P., Maretha, D. E., & Ulfa, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul). Inovasi Dan Tantangan Pembelajaran Serta Riset Biologi Berbasis Islami Di Era Pandemi. http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio

Najuah, Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya (J. Simarmata, Ed.; Vol. 1). Yayasan Kita Menulis. https://kitamenulis.id

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Sari, R., & Anggreni, F. (2023). Penyusunan E-Modul Menggunakan Heyzine pada KKG MI Se-Kota Langsa. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 291(2). https://doi.org/10.37905/dikmas.3.2.291-298.2023

Surani, D. (2019). Studi Literatur : Peran Teknolog Pendidikan dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 456–469. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5797




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v18i1.86773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Abdul Widayat Seno Adji

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.