Pengaruh Prestasi Belajar terhadap Employability Skills Siswa Fase F Program Keahlian DPIB SMKN 3 Semarang

Muhammad Nur Fuad, Eko Nugroho Julianto, Sucipto Sucipto, Listiyono Budi

Abstract


Data BPS Februari 2023 menunjukkan bahwa lulusan SMK menjadi penyumbang pengangguran tertinggi, yaitu 9,60%. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemahaman materi, kecerdasan, dan employability skills, yaitu keterampilan dasar untuk masuk dan bertahan di dunia kerja. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh prestasi belajar siswa Fase F terhadap employability skills. Populasi penelitian adalah 72 siswa Fase F Program Keahlian DPIB SMK Negeri 3 Semarang dengan teknik total sampling. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengukur variabel prestasi belajar dan employability skills menggunakan kuesioner. Data dianalisis melalui beberapa uji, yaitu (1) Uji Normalitas, (2) Uji Homogenitas, (3) Uji Linearitas, (4) Uji Korelasi, dan analisis Regresi Linear Sederhana. Hasil menunjukkan prestasi belajar memiliki pengaruh signifikan sebesar 36,4% terhadap employability skills, dengan korelasi 0,603 (kategori kuat). Koefisien regresi 1,086 menunjukkan bahwa setiap peningkatan 1% prestasi belajar meningkatkan employability skills. Indikator dengan pengaruh tertinggi adalah "menyelesaikan masalah" (nilai 218), sedangkan terendah adalah "prakarsa dan usaha" (nilai 188). Aktivitas siswa menunjukkan variasi, tidak seragam di semua aspek.

Keywords


dunia kerja, employability skills, pengangguran, prestasi belajar

Full Text:

PDF
rticle

References


Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Badan Pusat Statistik. (2023). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2023. Badan Pusat Statistik, No. 35/05/Th.XXVI.
Bloom, B. S., Engelhart, M. D., Furst, E. J., Hill, W. H., & Krathwohl, D. R. (1956). Taxonomy of Educational Objectives, Handbook I: The Cognitive Domain. In Simultaneously In The Dominion of Canada. David McKay Co, Inc.
Cholik, M., Ekohariadi, Putra, R. E., & Utami, A. W. (2020). Pedoman Teknis Revitalisasi SMK Dalam Peningkatan Kompetensi Lulusan Untuk Beradaptasi di Dunia Industri.
Cleary, M., Flynn, R., & Thomasson, S. (2006). Employability skills From Framework to Practice. In Commonwealth of Australia. Precision Consultancy.
Crites, J. O. (1969). Vocational Psychology The Study of Vocational Behavior and Development. McGraw-Hill.
Kemendikbudristek Republik Indonesia. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran (p. 112). Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.
Krathwohl, D., Bloom, B., & Masia, B. (1973). Taxonomy of Educational Objectives The Classification of Educational Goals - Handbook II: Affective Domain. In Studies in Philisophy and Education. David McKay Co, Inc.
Munadi, S., Widarto, Jerusalem, M. A., Yuniarti, N., Rahmawati, F., & Hermansyah. (2018). Employability skills Lulusan SMK dan Relevansinya Terhadap Kebutuhan Dunia Kerja. In UNY Press. UNY Press.
Nawawi, H. (1998). Administrasi Sekolah. Galio Indonesia.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Rietveld, P., & Sunaryanto, L. T. (1994). 87 Masalah Pokok Dalam Regresi Berganda. Andi Offset.
Sihotang, F. ., & Santosa, D. S. . (2019). Pengaruh Prestasi Belajar, Penguasaan Teknologi Informasi dan Pengalaman Organisasi Terhadap Kesiapan Kerja. Jurnal Ecodunamika, 2(1).
Simpson, E. J. (1971). The classification of educational objectives in the psychomotor domain. The Psychomotor Domain. In Behavioral objectives in curriculum development: Selected readings and bibliography. University of Illinois Urbana.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. CV. ALFABETA.
Suryabrata, S. (1984). Psikologi Pendidikan. CV. Rajawali.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v18i2.86496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Nur Fuad, Muhammad Nur Fuad, Eko Nugroho Julianto

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.