Pengaruh Keikutsertaan Organisasi di Lingkungan Sekolah terhadap Soft Skills Siswa Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
Soft skills sangat penting bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) karena merupakan salah satu penentu kesuksesan setelah terjun ke dunia kerja. Banyak upaya untuk meningkatkan soft skills siswa SMK diantaranya melalui berbagai kegiatan organisasi di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh keikutsertaan organisasi di lingkungan sekolah terhadap peningkatan soft skills siswa SMK. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif deskriptif komparatif. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan nilai validitas 0,67 dan reliabilitas 0,71. Sampel penelitian ini sebanyak 164 siswa yang diambil secara proposional. Data dianalisis secara deskriptif dan uji-t dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menujukkan bahwa keikutsertaan organisasi di lingkungan sekolah mampu meningkatkan soft skills siswa sebesar 20,19% dan mampu meningkatkan soft skill secara signifikan dengan t = 13,374 dan p = 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa keikutsertaan siswa dalam organisasi di lingkungan sekolah berpengaruh positif secara signifikan terhadap peningkatan soft skills siswa SMK.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmadi, T. A., Anggoro, A. B., Irmayanti, I., Rahmatin, L. S., & Anggriyani, D. (2020). Analisis 10 Tingkat Soft Skills yang Dibutuhkan Mahasiswa di Abad 21, Teknobuga, 8(2), 145-151. https://journal.unnes.ac.id/journals/teknobuga/
Anisa, R. (2018). Hubungan antara prestasi belajar dengan keikutsertaan dan tingkat keaktifan dalam berorganisasi mahasiswa tahun kedua dan ketiga fakultas kedokteran universitas islam malang. Jurnal Kesehatan, 7(1), 51-56.
Bercahayanews.com. (2 Februari 2023). Soft skills Lulusan SMK Masih Minim. https://www.bercahayanews.com/soft-skill-lulusan-smk-masih-minim/
Fadli, R. & Akbar, A. (2023). Pengaruh Semangat Berorganisasi terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa, Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 1-10. doi: https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.291
Irfan, A. M. Amiruddin, A., Sahabuddin, A., & Putri, A.N. (2022). Pengaruh Soft Skill dan Hard Skill terhadap Kesiapan Kerja Sesuai Kebutuhan Industri 4.0 Peserta Didik Sekolah Menegah Kejuruan Kota Makassar, JoVI: Journal of Vocational Instruction,1(1),18-26. https://doi.org/10.55754/jov.v1i1.2152
Ismail, D.H., Nugroho, J. & Rohayati,T. (2023). Literature Review: Soft Skill Needed by Gen Z in the Era RI 4.0 and Society 5.0, Majalah Ilmiah Bijak, 20 (1), 119 – 131. doi:10.31334/bijak.v20i1.3119
Jain, V. (2009). Importance of Soft skills Development in Education, Diakses tanggal 22 Februari 2024. (http://schoolofeducators.com/2009/02/importance-of-soft-skills-development-in-education/).
Mardatillah, A, (2016). Think and grow success by soft skills. Solo: Aryhaeko Sinergi Presada. https://dpk.kepriprov.go.id/opac/detail/dq1vb
Mariah, S. (2012). Developing Soft skills for the Work Readiness in Industry of Vocational High School Students. International Conference on Vocational Education and Training (ICVET), 2012. https://eprints.uny.ac.id/24437/1/C-2.pdf
Mariah, S., & Sugandi, M. (2010). Kesenjangan soft skills lulusan SMK dengan kebutuhan tenaga kerja di industri. Kesenjangan Soft Skills Lulusan Smk Dengan Kebutuhan Tenaga Kerja Di Industri. https://repositori.kemdikbud.go.id/240/1/Siti%20Mariah%20_KESENJANGAN%20SOFT%20SKILLS%20LULUSAN%20SMK.pdf
Matabanua.co.id. (8 Mei 2023). BPS: Pengangguran Terbanyak Lulusan SMK. https://matabanua.co.id/2023/05/08/bps-pengangguran-terbanyak-lulusan-smk/
Novianto, R. D. (2019). Tingkatkan Daya Saing, Generasi Milenial Harus Dibekali Softskills. https://daerah.sindonews.com/artikel/jatim/5850/tingkatkan-daya-saing-generasi-milenial-harus-dibekali-soft-skill
Paolini, A. C. (2015). School Counselor’s Role in Facilitating the Development of students’ Soft skills: Intrapersonal and Interpersonal Attributes to Promote Career Readiness. Global Journal of Human-Social Science, 15(10), 1-10. https://globaljournals.org/GJHSS_Volume15/1-School-Counselors-Role.pdf
Ramlall, S. & Ramlall, D. (2014). The Value of Soft-Skills in the Accounting Profession: Perspectives of Current Accounting Students. Advances in Research, 2 (11), 645–654. https://journalair.com/index.php/AIR/article/view/499
Sari, A. S., & Mariah, S. (2019, November). Gaps in VHS graduate followership skills against labor needs in industry. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 12; 73, No. 1, p. 012037). IOP Publishing. Doi: 10.1088/1742-6596/1273/1/012037
Setiani, F. & Rasto, R.. (2016). Mengembangkan Soft Skills Siswa melalui Proses Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1 (1), 160-166. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3272/
Sukirman, S. (2004). Tuntunan Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Pelangi Cendekia.
Sutika, R., Gunawan, H., & Hodsay, Z. (2023). Pengaruh Keaktifan Siswa Berorganisasi terhadap Peningkatan Soft Skill dan Hasil Belajar Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Pedamaran, Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 17047-17055. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9071
Tushar, H. & Sooraksa, N. (2023). Global employability skills in the 21st century workplace: A semi-systematic literature review, Heliyon, volume 9, e21023. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e21023
Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf
Widarto, P. & Widodo, N.. (2015). Pentingnya Pendidikan Soft Skills bagi Siswa SMK dalam Menyiapkan Tenaga Kerja yang Diperlukan Dunia Usaha dan Industri, Lumbung Pustaka Universitas Negeri. Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26001
Wulaningrum, T. & Hadi, S. (2019). Soft Skills Profile of Vocational School Students in Yogyakarta City for Entering the Industrial World, Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3), 217-228. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i3.24944/
Yulianto, A. (2015). Pengaruh Keaktifan Siswa Berorganisasi terhadap Peningkatan Soft skills dan Prestasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah Prambanan, E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin vol. 3 (5), 329-335. https://journal.student.uny.ac.id
Zami, Z. I. Z. & Widodo, S. F. A. (2021). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi terhadap Soft skills dan Prestasi Belajar Siswa SMK, Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 9(1), 73-80. https://doi.org/10.21831/teknik%0mesin.v9i1.17453
Zhang, V. (30 Maret 2022). Tiga Dampak Negatif Mengikuti Organisasi. https://yoursay.suara.com/lifestyle/2022/03/30/162725/ini-3-dampak-negatif-mengikuti-organisasi-yang-harus-kamu-ketahui-sebagai-mahasiswa
Zubaidah, N. (2018). Soft skills Jadi Modal Penting untuk Generasi Z, 2018, https://edukasi.okezone.com/read/2018/10/20/65/1966651/i-soft-skill-i-jadi-modal-penting-untuk-generasi-z
DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v18i1.85463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sutrisno Sutrisno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.