Pengaruh Keikutsertaan Organisasi di Lingkungan Sekolah terhadap Soft Skills Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Sutrisno Sutrisno, Reza Puji Amalia

Abstract


Soft skills sangat penting bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) karena merupakan salah satu penentu kesuksesan setelah terjun ke dunia kerja. Banyak upaya untuk meningkatkan soft skills siswa SMK diantaranya melalui berbagai kegiatan organisasi di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh keikutsertaan organisasi di lingkungan sekolah terhadap peningkatan soft skills siswa SMK. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif  deskriptif komparatif. Data dikumpulkan  menggunakan angket dengan nilai validitas 0,67 dan reliabilitas 0,71. Sampel penelitian ini sebanyak 164 siswa yang diambil secara proposional. Data dianalisis secara deskriptif dan uji-t dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menujukkan bahwa keikutsertaan organisasi di lingkungan sekolah mampu mening­katkan soft skills siswa sebesar 20,19% dan mampu meningkatkan soft skill secara signifikan  dengan t = 13,374 dan p = 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa keikutsertaan siswa dalam organisasi di lingkungan sekolah berpengaruh positif secara signifikan terhadap peningkatan soft skills siswa SMK.


Keywords


lingkungan sekolah, organisasi, soft skills

Full Text:

PDF
rticle

References


Achmadi, T. A., Anggoro, A. B., Irmayanti, I., Rahmatin, L. S., & Anggriyani, D. (2020). Analisis 10 Tingkat Soft Skills yang Dibutuhkan Mahasiswa di Abad 21, Teknobuga, 8(2), 145-151. https://journal.unnes.ac.id/journals/teknobuga/

Anisa, R. (2018). Hubungan antara prestasi belajar dengan keikutsertaan dan tingkat keaktifan dalam berorganisasi mahasiswa tahun kedua dan ketiga fakultas kedokteran universitas islam malang. Jurnal Kesehatan, 7(1), 51-56.

Bercahayanews.­com. (2 Februari 2023). Soft skills Lulusan SMK Masih Minim. https://www.bercahayanews.com/soft-skill-lulusan-smk-masih-minim/

Fadli, R. & Akbar, A. (2023). Pengaruh Semangat Berorganisasi terhadap Pres­tasi Akademik Mahasiswa, Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 1-10. doi: https://doi.­org/­10.53802/­fitrah.v4i­1.­291

Irfan, A. M. Amiruddin, A., Sahabuddin, A., & Putri, A.N. (2022). Pengaruh Soft Skill dan Hard Skill terhadap Kesiapan Kerja Sesuai Kebutuhan Industri 4.0 Peserta Didik Sekolah Menegah Kejuruan Kota Makassar, JoVI: Journal of Vocational Instruction,1(1),18-26. https://doi.org/10.55754/jov.v1i1.2152

Ismail, D.H., Nugroho, J. & Rohayati,T. (2023). Literature Review: Soft Skill Needed by Gen Z in the Era RI 4.0 and Society 5.0, Majalah Ilmiah Bijak, 20 (1), 119 – 131. doi:10.31334/­bijak.­v20­i1.3119

Jain, V. (2009). Importance of Soft skills Development in Education, Diakses tanggal 22 Februari 2024. (http://schoolofeducators.com/2009/02/importance-of-soft-skills-development-in-education/).

Mardatillah, A, (2016). Think and grow success by soft skills. Solo: Aryhaeko Sinergi Presada. https://dpk.kepriprov.go.id/opac/detail/dq1vb

Mariah, S. (2012). Developing Soft skills for the Work Readiness in Industry of Vocational High School Students. International Conference on Vocational Education and Training (ICVET), 2012. https://eprints.uny.ac.id/24437/1/C-2.pdf

Mariah, S., & Sugandi, M. (2010). Kesenjangan soft skills lulusan SMK dengan kebutuhan tenaga kerja di industri. Kesenjangan Soft Skills Lulusan Smk Dengan Kebutuhan Tenaga Kerja Di Industri. https://repositori.kemdikbud.go.id/240/1/Siti%20Mariah%20_KESENJANGAN%20SOFT%20SKILLS%20LULUSAN%20SMK.pdf

Matabanua.co.id. (8 Mei 2023). BPS: Pengangguran Terbanyak Lulusan SMK. https://matabanua.co.id/2023/05/08/bps-pengangguran-terbanyak-lulusan-smk/

Novianto, R. D. (2019). Tingkatkan Daya Saing, Generasi Milenial Harus Dibekali Softskills. https://daerah.sindonews.com/artikel/jatim/5850/tingkatkan-daya-saing-generasi-milenial-harus-dibekali-soft-skill

Paolini, A. C. (2015). School Counselor’s Role in Facilitating the Development of students’ Soft skills: Intrapersonal and Interpersonal Attributes to Promote Career Readiness. Global Journal of Human-Social Science, 15(10), 1-10. https://globaljournals.org/GJHSS_Volume­­15/1-School-Counselors-Role.pdf

Ramlall, S. & Ramlall, D. (2014). The Value of Soft-Skills in the Accounting Profession: Perspectives of Current Accounting Students. Advances in Research, 2 (11), 645–654. https://journalair.com/index.php/AIR/article/view/499

Sari, A. S., & Mariah, S. (2019, November). Gaps in VHS graduate followership skills against labor needs in industry. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 12; 73, No. 1, p. 012037). IOP Publishing. Doi: 10.1088/1742-6596/1273/1/012037

Setiani, F. & Rasto, R.. (2016). Mengembang­kan Soft Skills Siswa melalui Proses Pembelajaran, Jurnal Pe­n­didikan Mana­jemen Perkantoran, 1 (1), 160-166. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3272/

Sukirman, S. (2004). Tuntunan Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Pelangi Cen­dekia.

Sutika, R., Gunawan, H., & Hodsay, Z. (2023). Pengaruh Keaktifan Siswa Berorganisasi terhadap Peningkatan Soft Skill dan Hasil Belajar Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Pedamaran, Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 17047-17055. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9071

Tushar, H. & Sooraksa, N. (2023). Global employability skills in the 21st century workplace: A semi-systematic literature review, Heliyon, volume 9, e21023. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e21023

Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf

Widarto, P. & Widodo, N.. (2015). Pentingnya Pendidikan Soft Skills bagi Siswa SMK dalam Menyiapkan Tenaga Kerja yang Diperlukan Dunia Usaha dan Industri, Lumbung Pustaka Universitas Negeri. Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26001

Wulaningrum, T. & Hadi, S. (2019). Soft Skills Profile of Vocational School Students in Yogyakarta City for Entering the Industrial World, Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3), 217-228. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i3.24944/

Yulianto, A. (2015). Pengaruh Keaktifan Siswa Berorganisasi terhadap Peningkatan Soft skills dan Prestasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah Prambanan, E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin vol. 3 (5), 329-335. https://journal.student.uny.ac.id

Zami, Z. I. Z. & Widodo, S. F. A. (2021). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi terha­dap Soft skills dan Prestasi Belajar Siswa SMK, Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 9(1), 73-80. https://­doi.org/10.21831/teknik%0mesin.v9i1.17453

Zhang, V. (30 Maret 2022). Tiga Dampak Negatif Mengikuti Organisasi. https://yoursay.suara.com/lifestyle/2022/03/30/162725/ini-3-dampak-negatif-mengikuti-organisasi-yang-harus-kamu-ketahui-sebagai-mahasiswa

Zubaidah, N. (2018). Soft skills Jadi Modal Penting untuk Generasi Z, 2018, https://edukasi.okezone.com/read/2018/10/20/65/1966651/i-soft-skill-i-jadi-modal-penting-untuk-generasi-z




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v18i1.85463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sutrisno Sutrisno

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.