The Effect of Project Based Learning Model on Learning Interest of Vocational Students in Surakarta
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alhayat, A., Mukhidin, M., Utami, T., & Yustikarini, R. The Relevance of the Project-Based Learning (PjBL) Learning Model with “Kurikulum Merdeka Belajar”. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik,7(1). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.69363
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
Boiliu, F. M., & Sinaga, S. (2021). Pembelajaran pendidikan agama kristen berbasis student centered learning di sekolah. Jurnal Education and Development, 9(2), 120-126. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2490
Fadilah, E., Maryono, D., & Wihidayat, E. S. (2019). Implementation of Project-Based Learning Models in 2D and 3D Animation Techniques to Improve Psychomotor Skills and Student Creativity of Class XI Multimedia SMK Negeri 3 Surakarta. Journal of Informatics and Vocational Education, 2(1), 20–27. https://doi.org/10.20961/joive.v2i1.35748
Febrilia, B. R. A., Hidayanti, A. A., Mandalika, E. N. D., Setiawan, R. N. S., & Kusuma, W. (2023). Pelatihan Pembuatan Lembar Survei Menggunakan Google Form. BERDAYA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 79-84. http://ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/BERDAYA/article/view/818
Gradner, H. (1983). Frames of Mind The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books.
Yulianti, R., Sarmidin, S., & Alhairi, A. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai-Bp Di Kelas Xi Mipa 2 sman 1 Benai Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS), 3(2), 249-257. https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JOM/article/view/3025
Harahap, D. O., & Zahari, C. L. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman’s Error Analysis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Contextual Teaching Learning. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(2), 143-154. http://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/305
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., ... & Ndraha, L. D. M. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325-332. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022
Meilany, D. A., Wihidayat, E. S., & Aristyagama, Y. H. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Prezi Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Di Smk Negeri 5 Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 14(1), 35. https://doi.org/10.20961/jiptek.v14i1.44416
Mesra, P., & Kuntarto, E. (2021). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Masa Pandem. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 177-183. https://doi.org/10.5281/zenodo.5037881
Mustikaningrum, D., Maryono, D., & Yuana, R. A. (2017). The Comparison of the Discovery Learning and Project Based Learning and their Influences to Student’s Motivation to Learn Conditional Structure Programming. IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education), 1(1), 38. https://doi.org/10.20961/ijie.v1i1.4166
Najoan, R. A., Lala, W. C., & Ratunguri, Y. (2023). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(03), 215-227. https://doi.org/10.36418/japendi.v4i03.1632
Putri, D. J., Angelina, S. A., Rahma, S. C., & Mujazi, M. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Di Kecamatan Larangan Tangerang. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin (Vol. 5, No. 01). https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/226
Salma, W. A., Basori, B., & Hatta, P. (2021). The Effectiveness and effect of Project-Based Blended Learning on Student Achievement in Online Learning at Surakarta, Indonesia. IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education), 5(1), 1. https://doi.org/10.20961/ijie.v5i1.44029
Sarita, A. A., & Imawati, E. (2023, July). Peningkatan Keterampilan Memahami Teks Laporan Hasil Observasi Menggunakan Metode Diskusi Siswa Kelas VIII. In Prosiding Seminar Akademik Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 1, No. 1, pp. 39-46). http://conference.ut.ac.id/index.php/psapbin/article/view/1094
Sinaga, G. L., Sihombing, S., & Siantar, A. T. I. (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), 478-486. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.3193
Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman model pembelajaran sebagai kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa program studi pendidikan tata boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 7(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/Boga/article/view/11599
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6187
DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v17i1.81706
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nofri Novita Sari, Cucuk Wawan Budiyanto, Yuliyani Siyamtiningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.