Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Media Pembelajaran Nearpod pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sawit Tahun Pelajaran 2022/2023

Bagus Romadhoni Maghfur, Danar Susilo Wijayanto, Towip Towip

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui keaktifan siswa di kelas saat memanfaatkan aplikasi Nearpod pada siswa SMK Negeri 1 Sawit, serta (2) mengidentifikasi pengaruh penggunaan aplikasi Nearpod terhadap hasil belajar mereka. Penelitian menggunakan metode kuantitatif Kuasi-Eksperimen dengan subjek kelas XI TKRO 2 tahun ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 18 siswa di kelas kontrol dan 18 siswa di kelas eksperimen, dipilih menggunakan simple random sampling. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara, dengan validasi instrumen dilakukan oleh dosen, guru pengampu, dan software Microsoft Excel 2019. Analisis data menggunakan software statistik. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, terdapat perbedaan keaktifan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan kelas eksperimen lebih aktif dalam kategori keaktifan sedang. Kedua, hasil uji T menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini membuktikan adanya perbedaan signifikan dalam peningkatan hasil belajar siswa antara pembelajaran konvensional dan penggunaan media Nearpod, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.


Keywords


hasil belajar, keaktifan, media pembelajaran, nearpod

Full Text:

PDF
rticle

References


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Ami, R. A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 135–148. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.105

Atsira, L., Zukdi, I., & Sabhamis. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Nearpod Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Al-Qur’an Hadits Kelas X di MAN 2 Padang. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 94–103. https://doi.org/10.15548/mrb.v5i1.14

Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322–2329. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1139

Fajar, M. M., Woro, O., Handayani, K., & Yudha, D. W. (2022). Implementation of Nearpod on the Material of Healthy and Balanced Diet at Physical Education Classes of Junior High School [Implementasi Nearpod pada Materi Diet Sehat dan Seimbang pada Kelas Penjasorkes SMP]. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 11(2), 258–272.

Hakami, M. (2020). Using Nearpod as a Tool to Promote Active Learning in Higher Education in a BYOD Learning Environment. Journal of Education and Learning, 9(1), 119. https://doi.org/10.5539/jel.v9n1p119

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Inanta, R., Zulhaji, & Indrayani. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Nearpod pada Peserta Didik SMPK Penabur Kelapa Gading Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 418–424.

Kadiriandi, R., & Ruyadi, Y. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Model Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Sosiologi Di SMA Pasundan 3 Bandung. Sosietas, 7(2), 429–433. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i2.10362

Makarim, H., & Fauzi, F. (2022). Pelaksanaan blended learning di SD Islam Al-Mujahidin Cilacap sebagai solusi pembelajaran di era new normal. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 400. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i3.7487

Rahmawati, A. A., Churiyah, M., Bukhori, I., & Agustina, Y. (2022). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback Berbantuan Nearpod. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(1), 109–121. https://doi.org/10.17509/jpm.v7i1.45077

Sarginson, D., & McPherson, S. (2021). Nearpod: An Innovative Teaching Strategy To Engage Students In Pathophysiology/Pharmacology. Journal of Nursing Education, 60(7), 422–423. https://doi.org/10.3928/01484834-20210616-13

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600

Yanuarto, W. N., Setyaningsih, E., & Amri, K. (2023). Mempekerjakan Nearpod sebagai Resource untuk Mendorong Aktif Siswa dalam Model Pembelajaran Matematika BYOD. 7(1), 174–184.

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v18i1.78301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bagus Romadhoni Maghfur, Danar Susilo Wijayanto, Towip Towip

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.