Efektivitas Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Aplikasi Android Akuntansi Umum (AKU) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Aris Budianto, Nugroho Agung Pambudi, Indah Widiastuti

Abstract


Perkembangan teknologi android sangat  berpengaruh terhadap pendidikan, hal ini ditandai semakin banyaknya penggunaan handphone untuk pembelajaran. Penelitian ini  bertujuan  untuk  mengkaji  kelayakan  penerapan  dan  efektivitas Model Project  Based  Learning  (PjBL)  berbantuan aplikasi android  Akuntansi Umum (AKU) terhadap hasil belajar akuntansi dasar peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X AKL Sekolah Menengah Kejuruan tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian dari kelas X AKL1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AKL2 sebagai kelas kontrol. Teknik  pengumpulan data menggunakan  pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan rata-rata dan uji N-Gain. Rata-rata perolehan nilai post-test dengan menggunakan model PjBL yang sama dengan media yang berbeda, kelas eksperimen memperoleh hasil 81,1 dari pada kelas kontrol 77,4. Hasil uji hipotesis perolehan t hitung sebesar 2,082 > t tabel sebesar 1,978 serta nilai signifikansi 0,041<0,05. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan aplikasi android AKU terbukti efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi dasar peserta didik.


Keywords


Project Based Learning, Aplikasi Android Akuntansi Umum (AKU), Hasil Belajar

Full Text:

PDF
rticle

References


Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Project based learning integrated to stem to enhance elementary school’s students scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 261-267. doi:https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123-133. doi:https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Aliftika, O., Purwanto, P., & Utari, S. (2019). Profil Keterampilan Abad 21 Siswa SMA pada Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Materi Gerak Lurus. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(2), 141-147. doi:https://doi.org/10.17509/wapfi.v4i2.20178

Almulla, M. A. (2020). The effectiveness of the project-based learning (PBL) approach as a way to engage students in learning. Sage Open, 10(3), 2158244020938702. doi:https://doi.org/10.1177/2158244020938702

Ananto, S. (2019). Peningkatan Sikap Disiplin Dan Hasil Belajar Unjuk Kerja Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Melalui Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan (JIPTEK). Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, 101(2), https://jurnal.uns.ac.id/jptk.

Astuti, E., Yunita, P., Tambunan, F., Wahyuni, F. S., & Setiyawati, R. I. (2023). Pelatihan Pengenalan dan Penerapan Aplikasi Komputer Microsoft Excel pada SMU Swasta Dharmawangsa Medan. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 2(1), 50-57. doi:https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i1.1660

Astuti, M., Arifin, Z., Mutohhari, F., & Nurtanto, M. (2021). Competency of Digital Technology: The Maturity Levels of Teachers and Students in Vocational Education in Indonesia. Journal of Education Technology, 5(2). doi:https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.35108

Bhat, S., Raju, R., Bhat, S., & D’Souza, R. (2020). Redefining quality in engineering education through the flipped classroom model. Procedia Computer Science, 172, 906-914. doi:https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.131

Cahyani, G. P., & Sulastri, S. (2021). Pengaruh Project Based Learning dengan Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Online di SMK Negeri 12 Malang. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(3), 71-78. doi:https://doi.org/10.26740/jpak.v9n3.p372-379

Chaeruddin, A. S., Ali, E. P., Nurvia, M., & Harahap, E. (2021). Aplikasi Penunjuk Sistem Koordinat Kartesius Berbasis Microsoft Excel. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 20(1), 67-72.

Chang, S. C., & Hwang, G. J. (2018). Impacts of an augmented reality-based flipped learning guiding approach on students’ scientific project performance and perceptions. Computers & Education, 125, 226-239. doi:https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.06.007

Chen, C. H., & Yang, Y. C. (2019). Revisiting the effects of project –based learning on students’ academic achievement: A meta-analysis investigating moderators. Educational Research Review, 26, 71-81. doi:https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.11.001

Elis Ratna Wulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi pembelajaran.

Farihatun, S. M., & Rusdarti, R. (2019). Keefektifan pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635-651.

Garzón, J., Baldiris, S., Gutiérrez, J., & Pavón, J. (2020). How do pedagogical approaches affect the impact of augmented reality on education? A meta- analysis and research synthesis. Educational Research Review, 31, 100334. doi:https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100334

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International journal of educational research, 102, 101586. doi:https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586

Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307-314. doi:https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870

Han, S., Capraro, R., & Capraro, M. M. (2015). How science, technology, engineering, and mathematics (STEM) project-based learning (PBL) affects high, middle, and low achievers differently: The impact of student factors on achievement. International Journal of Science and Mathematics Education, 13, 1089-1113. doi:https://doi.org/10.1007/s10763-014-9526-0

Hartanto, C. F. B., Rusdarti, R., & Abdurrahman, A. (2019). Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 163-171).

Herawan, H. E., & Rahayu, L. (2016). Pengaruh Aktivitas Belajar Peserta didik dalam Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Saintifik terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1).

Japar, M., Fadhillah, D. N., & HP, G. L. (2019). Media dan teknologi pembelajaran ppkn. Jakad Media Publishing.

Jin, R., Yang, T., Piroozfar, P., Kang, B. G., Wanatowski, D., Hancock, C. M., & Tang, L. (2018). Project-based pedagogy in interdisciplinary building design adopting BIM. Engineering, Construction and Architectural Management. doi:https://doi.org/10.1108/ECAM-07-2017-0119

Kergroach, S. (2017). Industry 4.0: New challenges and opportunities for the labour market. Foresight and STI Governance, 11(4), 6–8. https://doi.org/10.17323/2500-2597

Khairunnisa, S., & Aziz, T. A. (2021). Studi Literatur: Digitalisasi dunia pendidikan dengan menggunakan teknologi augmented reality pada pembelajaran matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(2), 53-62.2017.4.6.8

Komar, Z., Rusdarti, R., & Khafid, M. (2021). Implementation of Project Based Learning Model to Improve the Learning Results of Economic Subjects of SMA Negeri 15 Semarang. Journal of Economic Education, 10(1), 34-41.

Kožuh, A., Maksimović, J., & Zajić, J. O. (2021). Fourth industrial revolution and digital competences of teachers. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 13(2), 160–177. doi:https://doi.org/10.18844/wjet.v13i2.5651

Li, B., Jia, X., Chi, Y., Liu, X., & Jia, B. (2020). Project -based learning in a collaborative group can enhance student skill and ability in the biochemical laboratory: a case study. Journal of Biological Education, 54(4), 404-418. doi:https://doi.org/10.1080/00219266.2019.1600570

Marhadini, S. A. K., Akhlis, I., & Sumpono, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi gerak parabola untuk siswa sma. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 38-43.

Martanti, W. W., & Rusdarti, R. (2019). Keefektifan Metode Pembelajaran Student Team Achivment Divison (STAD) Berbantuan Media Android. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1216-1233.

Pan, G., Seow, P. S., & Koh, G. (2019). Examining learning transformation in project-based learning process. Journal of International Education in Business, 12(2), 167-180. doi:https://doi.org/10.1108/JIEB-06-2018-0022

Pan, G., Seow, P. S., Shankararaman, V., & Koh, K. (2021). An exploration into key roles in making project-based learning happen: Insights from a case study of a university. Journal of International Education in Business, 14(1), 109-129. doi:https://doi.org/10.1108/JIEB-02-2020-0018

Piirto, J. (2011). Creativity for 21st Century Skills: How to Embed Creativity into the Curriculum. Sense Publishers. doi:https://doi.org/10.1007/978-94-6091-463-8

Rahmayanti, E., Hendayana, S., & Riandi, R. (2021). Project Based Learning in Pandemic Covid-19: The Implementation of ESD to Develop Students’ Critical Thinking Skills. Unnes Science Education Journal, 10(3). doi:https://doi.org/10.15294/usej.v10i3.46738

Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 119-131.

Sasmoko, Noerlina, Indrianti, Y., & Wahid, N. H. A. (2020). Indonesian vocational engagement (Ivocatie): A new concept in improving teacher competencies 4.0. Journal of Technical Education and Training, 12(3 Special Issue), 97–105.

Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum.

Sembiring, M. S., Rosalia, V., Kumalasari, F., & Selvida, D. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Komputer Akuntansi Untuk Guru dan Siswa SMK Ar- Rahman Medan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.2 Februari), 1731-1735.

Sopandi, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Rpl B Smk Negeri 2 Karanganyar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 11(2), 59. doi:https://doi.org/10.20961/jiptek.v11i2.24218

Sukmara, Sulistyanto, S., Mutohhari, F., Kurniawan, A., & Ratnawati, D. (2021). Kebutuhan kompetensi dalam pasar tenaga kerja di era revolusi industri 4.0 bagi peserta didik SMK. Jurnal Taman Vokasi, 9(1), 25-35.

Sultana, M., & Zaki, S. (2015). Proposing Project Based Learning as an alternative to traditional ELT pedagogy at public colleges in Pakistan. International Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 155-173. doi: https://doi.org/10.1108/IJLLS-09-2013-0049

Warsidi, Edi. (2017). Karakteristik Menjadi Guru: Inspiratif, Inovatif, dan Komunikatif. Sinergi Prima Magna.

Zuhra, C. H. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Materi Siklus Akuntansi pada Perusahaan Jasa. Jurnal Kinerja Kependidikan (JKK), 2(4), 704-721.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v17i2.76226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aris Budianto, Nugroho Agung Pambudi, Indah Widiastuti

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.