Investigasi Media Interaktif Berbasis Role-Playing Games Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK

Hanifah Hani Agustin, Nugroho Agung Pambudi, Indah Widiastuti

Abstract


Undang-undang No.20 Tahun 2003 bertujuan untuk pengembangan potensi peserta didik yang beriman pada Tuhan Yang Maha Esa, patuh kepada hukum dan prinsip moral. Role Playing Game (RPG) merupakan model pembelajaran yang berfokus pada pemecahan masalah. Media pembelajaran yang digunakan ada tiga jenis adalah modul komprehensif, program pembelajaran media dan lembar kerja siswa (LJK). Ketiga jenis media tersebut melengkapi sumber daya pendidikan yang tersedia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development). Hasil validasi dari para ahli dan pengguna menunjukkan bahwa materi pendidikan yang dipromosikan dalam penelitian ini memenuhi kriteria validasi dan pengujian yang telah dilakukan. Aspek penilaian penelitian ini terdiri dari rekayasa perangkat lunak, desain pembelajaran, dan  komunikasi visual. Paper ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum pendidikan media berbasis game untuk siswa kelas X. Kurikulum ini mengajarkan tentang pengkodean resistor dan hubungan resistor menggunakan mesin game RPG Maker MV. Meskipun media memberitakan sebaliknya, diperlukan penelitian lebih lanjut tentang pengembangan RPG sebagai bahan teknis agar konten RPG di media pendidikan tidak menimbulkan masalah baru.


Full Text:

PDF
rticle

References


Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24

Alimuddin, A., Tamrin, A., & Budiyanto, C. W. (2022). Pengembangan Model Discovery Learning Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 15(1), 1. https://doi.org/10.20961/jiptek.v15i1.64836

Aminuddin, C. (2020). Pemanfaatan Fitur Lesson Quizizz Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 13(2), 151. https://doi.org/10.20961/jiptek.v13i2.45611

Cahyarini, I. (2020). Pengembangan Metode Role Playing Bermedia Gelas Karakter Yang Diaplikasikan Pada Pembelajaran Sastra Lama Siswa Kelas Vii Smp Negeri 21 Surabaya. Bapala, 6(1), 1–13.

Huruun’ien KI , Efendi A, T. G. (2019). Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan ( JIPTEK ). Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, 101(2), https://jurnal.uns.ac.id/jptk.

Indra, D., Maksum, H., & Abdullah, R. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Melalui Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 14–22. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33609

Ke, F., & Carafano, P. (2016). Collaborative science learning in an immersive flight simulation. Computers & Education, 103, 114–123. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.10.003

Kesanti, A. R. W., & Budiyanto, C. W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Tipografi Melalui Project Based Learning Berbasis Pixellab Kelas Xi Multimedia 2 Smk Negeri 3 Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 13(2), 163. https://doi.org/10.20961/jiptek.v13i2.45624

Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33

Pate, A., & Posey, S. (2016). Effects of applying multimedia design principles in PowerPoint lecture redesign. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 8(2), 235–239. https://doi.org/10.1016/J.CPTL.2015.12.014

Putri, A. R. (2022). JIPTEK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan ) Green Skills. 15(2), 109–117. https://doi.org/10.20961/jiptek.v15i2.67625

Ruf, A., Zahn, C., Agotai, D., Iten, G., & Opwis, K. (2022). Aesthetic design of app interfaces and their impact on secondary students’ interest and learning. Computers and Education Open, 3(June 2021), 100075. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2022.100075

Sari, D. N., Efendi, A., & Basori, B. (2020). Pengaruh Penggunaan Smartphone Dan Intensitas Bermain Game Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 13(2), 129. https://doi.org/10.20961/jiptek.v13i2.24272

Sari, E. Y., Suastiaji, I. B., & Permata, L. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Role Playingdengan Media Videoterhadap Hasil Belajar Ips. PENA SD (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar), 2(1), 23–37.

Swadyaya, P. Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Role Playing Game (RPG) Untuk Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Yogyakarta. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 4(2), 118–129. https://doi.org/10.21831/elinvo.v4i2.28323

Sya’diyah, H. (2016). Penerapan Metode Role Playing Melalui Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi ’ in Dukun Gresik Tahun Pelajaran 2015-2016. Jurnal Wahana Pendidikan Dasar, 06(01).

Taquet, P., Hautekeete, M., & Gorgeu, É. (2014). Cognitive, emotional, and behavioral determinants involved in the use of video games: Towards a better understanding of excessive gaming for CBT interventions. Journal de Thérapie Comportementale et Cognitive, 24(2), 53–62. https://doi.org/10.1016/J.JTCC.2014.02.001

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295

Thiede, B., Posselt, G., Kauffeld, S., & Herrmann, C. (2017). Enhancing Learning Experience in Physical Action-orientated Learning Factories Using a Virtually Extended Environment and Serious Gaming Approaches. Procedia Manufacturing, 9, 238–244. https://doi.org/10.1016/J.PROMFG.2017.04.042

Ugwuozor, F. O. (2021). Determinants of critical thinking of trainee teachers: A production function approach. Thinking Skills and Creativity, 39, 100765. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100765




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v17i2.76085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 hanifah hani agustin, nugroho agung pambudi, indah indah widiastuti

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.