Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pengolahan Rumput Laut

Dhita Pramestya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar materi pengolahan rumput laut menggunakan metode make a match pada siswa kelas XI APHPI . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di salah satu SMK kelas XI Jurusan APHPI. Data pada penelitian ini diambil dengan menggunakan skala motivasi belajar siswa, lembar observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran make a match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI APHPI SMK. Hasil data skala motivasi belajar siswa kelas XI APHPI mengalami peningkatan pada setiap indikatornya di setiap siklus. Perolehan presentase rata-rata pada setiap indikator yaitu sebesar 84 % atau termasuk dalam katagori baik. Hal ini dibuktikan dengan semua siswa dapat memasangkan kartu pertanyaan dan jawaban dengan benar. Meskipun untuk memasangkan antara kartu pertanyaan dan kartu jawaban siswa mengalami kesulitan, namun siswa tetap bersemangat dan tidak mudah putus asa untuk menemukan pasangan kartu tersebut.


Keywords


pembelajaran kooperatif, motivasi belajar siswa, model pembelajaran make a match

Full Text:

PDF
rticle

References


Fatimasari, T. (2017). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make a Match untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kompetensi kejuruan TKJ kelas XI TKJ SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta [Skripsi]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahmudi, I. (2016). Peningkatan motivasi belajar melalui bimbingan dan konseling Islami. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1), 1-18. https://doi.org/10.25273/counsellia.v1i2.189

Ningrum, D. P. (2013). Keefektifan model Make a Match dalam pembelajaran pemahaman pantun pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Karangjati Kabupaten Banjarnegara [Skripsi]. Universitas Negeri Semarang.

Rosmala, M. D. (2015). Implementasi model pembelajaran Make a Match sebagai upaya meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kompetensi kejuruan multimedia di kelas XI Multimedia SMK Negeri 6 Purworejo [Skripsi]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Widyaningrum, I. (2011). Peningkatan motivasi belajar IPS menggunakan metode Make a Match pada siswa kelas VA SD Negeri Golo Yogyakarta [Skripsi]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wulandari, B. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178-192. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v17i2.75124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dhita Pramestya

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.