Pengembangan Model Discovery Learning Berbasis Mobile untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 pada Sekolah Menengah Kejuruan

Ahya Alimuddin, Agusti Tamrin, Cucuk Wawan Budiyanto

Abstract


Tuntutan keterampilan abad 21 telah mendorong pendidik untuk terus melakukan inovasi pembelajaran, salah satunya adalah mengembangkan model pembelajaran berbasis mobile. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk menghasilkan produk mobile learning berbasis Google Site yang dipadukan dengan model pembelajaran Discovery Learning. Model pengembangan yang digunakan berdasarkan prosedur pengembangan Gall, Gall dan Borg yang terdiri dari 10 tahap dan dilakukan sampai tahap akhir dengan menghasilkan produk final mobile learning berbasis Google Site. Validasi oleh ahli materi mendapatkan nilai 90% dengan predikat sangat layak. Validasi oleh ahli media memperoleh nilai 97,5 % dengan predikat sangat layak. Media telah diujicobakan secara terbatas kepada 15 dan 30 peserta didik yang duduk di kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Setelah memperbaiki produk hasil dari ujicoba terbatas, produk di uji lapangan diperluas ke-3 sekolah dengan total 78 responden. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran secara garis besar sangat positif dengan nilai 87,17%.   Oleh karena itu  dapat  disimpulkan bahwa  media  pembelajaran mobile learning berbasis Google Site pada  mata  pelajaran Teknik Pemesinan Bubut kelas XI Teknik Pemesinan SMK ini tergolong dalam kategori sangat layak dan dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan abad 21 peserta didik di SMK


Keywords


discovery learning; mobile learning; keterampilan abad 21; SMK Teknik Pemesinan

rticle

References


Ahen, L., Cenderato, C., Florentina, F., Astuti, F. D., & Halawa, A. A. (2020). Analyzing the Use of Catholic Learning Model for the State Primary Schools in South and Southeast Pontianak. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 5(1). https://doi.org/10.26737/jetl.v5i1.1649

Andayani, S. (2020). Development of Learning Tools Based on Discovery Learning Models Combined with Cognitive Conflict Approaches to Improve Students’ Critical Thinking Ability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i2.438

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2).

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI.

Fathoni, A. S., Basori, B., & Tamrin, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Kelas X Multimedia SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 13(2), 123. https://doi.org/10.20961/jiptek.v13i2.24204

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research an Introduction. New York : Logman Inc, Seventh Edition.

Herawati, O. D. P., Siroj, R., & Basir, D. (2013). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.22342/jpm.4.1.312.

Husna, M. Ikhsan, S. F. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Peluang, 1(April).

Irsal, I. L. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(1). https://doi.org/10.29240/ja.v2i1.1488

Kawuryan, S. P. (2019). Relevansi konsep pemikiran pendidikan dan kebudayaan George S. Counts dan Ki Hajar Dewantara dengan kompetensi peserta didik abad 21. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(2). https://doi.org/10.21831/jc.v16i2.22045

Kollosche, D. (2017). Entdeckendes Lernen: Eine Problematisierung. Journal Fur Mathematik-Didaktik, 38(2). https://doi.org/10.1007/s13138-017-0116-x

Kurniasari, I. R. (2018). Pengembangan Media Game Edukasi Berbasis Mobile Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ekonomi di SMA Purbalingga. Thesis Universitas Sebelas Maret, 124–124.

Lu ’mu. (2017). Learning media of applications design based android mobile smartphone. International Journal of Applied Engineering Research ISSN, 12(17).

Mahfuzah, B. A., Utomo, Y., & Munzil. (2018). Efektivitas GDL ( Guided Discovery Learning ) dan Problem Solving terhadap KBK ( Keterampilan Berpikir Kritis ) dan HOTS ( Higher Order Thingking Skills ). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6).

Mohammadi, M., Marzooghi, R. A., Salimi, G., & Mansoori, S. (2017). Learners’ Experiences of Mobile Learning in Vocational and Technical Education Courses. Interdisciplinary Journal of Virtual Learning in Medical Sciences, 8(4). https://doi.org/10.5812/ijvlms.64424

Monitasari, L., Wihidayat, E. S., & Aristyagama, Y. H. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Videoscribe Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Di SMK Negeri 5 Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 14(2), 99. https://doi.org/10.20961/jiptek.v14i2.46406

Mulyadi, Riyadi, & Subanti, S. (2015). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newmans Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(4).

Mustikaningrum, D., Maryono, D., & Yuana, R. A. (2020). Eksperimentasi Discovery Learning Dan Project Based Learning Kombinasi College Ball Ditinjau Dari Minat Pada Materi Kontrol Percabangan Kelas X SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 13(1), 30. https://doi.org/10.20961/jiptek.v13i1.24278

Nakano, T. C., & Wechsler, S. M. (2018). Creativity and innovation: Skills for the 21st century | Criatividade e inovação: Competências para o século XXI. Estudos de Psicologia (Campinas), 35(3).

OECD. (2018). The future of education and skills Education 2030.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I) (1st ed.). OECD. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Partnership for 21st Century Skills. (2009). 21st Century Student Outcomes and Support Systems Framework for 21st Century Learning. www.21stcenturyskills.org.

Prasetyo, H. (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Dalam Materi Ajar Gaya Hidup Sehat Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Thesis Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, 94–95.

Sarrab, M. (2012). Mobile Learning (M-Learning) and Educational Environments. International Journal of Distributed and Parallel Systems, 3(4). https://doi.org/10.5121/ijdps.2012.3404

Setyowati, R., Sajidan, S., & Karyanto, P. (2019). Pengembangan Model Discovery Learning Using Survey Pada Materi Fungi SMA Kelas X MIPA. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 8(1). https://doi.org/10.20961/inkuiri.v8i1.31792

Siahaan, B. Z., & Bakri, F. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Kegiatan Pembelajaran Fisika. Proseding Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya, November.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12).

Syaputra, E., & Sariyatun, S. (2020). Pembelajaran Sejarah di Abad 21 (Telaah Teoritis terhadap Model dan Materi). Yupa: Historical Studies Journal, 3(1). https://doi.org/10.30872/yupa.v3i1.163

Winarti, W. T., Yuliani, H., Rohmadi, M., & Septiana, N. (2021). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Edutainment. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1). https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2789

Yaiche, W. (2021). Boosting EFL Learners Critical Thinking through Guided Discovery: A Classroom-Oriented Research on First-Year Master Students. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3826506

Zakaria. (2021). Kecakapan Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Dirasah, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v15i1.64836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahya Alimuddin, Agusti Tamrin, Cucuk Wawan Budiyanto

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.