Meninjau hasil belajar yang didapatkan pada pertemuan sebelumnya, peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM (75) sebanyak 15 peserta didik (44,11%). Berdasarkan data nilai ketrampilan masih rendah. dan mengakibatkan hasil nilai ketrampilan kelas XI Multimedia 2 mengecewakan. Penelitian ini berlokasi di SMK Negeri 3 Surakarta dengan subyek penelitian adalah 34 siswa XI Multimedia 2. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila dalam kelas XI Multimedia 2 terdapat minimal 80% siswa mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai proyek peserta didik dari siklus 1 dan siklus 2 terlihat terdapat peningkatan. Ini berarti peserta didik ada perubahan kearah yang lebih baik. Hasil rata-rata nilai proyek dari siklus 1 adalah 73,38 dan siklus 2 adalah 79,56 menunjukan adanya peningkatan, yang berarti ada peningkatan dalam megerjakan proyek yang diberikan. Dengan demikian melalui media pembelajaran Project Based Learning dapat digunakan untuk meningkatkan nilai ketrampilan peserta didik kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri 3 Surakarta. Oleh karena itu pembelajaran selanjutnya agar menggunakan media pembelajaran Project Based Learning agar nilai ketrampilan peserta didik meningkat.
Keywords
Project Based Learning; Nilai Proyek; Pixellab; Tipografi
Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya. Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara Kemendikbud. 2016. Surat Edaran No 4 tahun 2020 Tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (covid-19). Jakarta: Kemendikbud. Ketut Adimas. 2017. Desain Grafis Percetakan. Malang : Quantum Book Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Oemar, Hamalik. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo Padmono, Y. 2010. Kekurangan dan kelebihan, Manfaat Penerapan PTK. Online: edukasi.kompasiana.com. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. https://dailysocial.id/post/akselerasi-ide-dslaunchpad-2-0 (diakses 16 Juni 2020)