PENINGKATAN SIKAP JUJUR DALAM MENGERJAKAN TUGAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap jujur dalam mengerjakan tugas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar perancangan teknik mesin dengan menggunakan pembelajaran discovery learning. Prosedur penelitian yang digunakan adalah prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Melalui pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan sikap jujur dalam mengerjakan tugas mata pelajaran dasar perancangan teknik mesin bagi siswa kelas X TPM-B SMK Negeri 2 Surakarta semester gasal tahun pelajaran 2019/2020 dari kondisi awal sebesar 28% meningkat pada siklus 2 menjadi 100%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 72%. Melalui pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran dasar perancangan teknik mesin bagi siswa kelas X TPM-B SMK Negeri 2 Surakarta semester gasal tahun pelajaran 2019/2020 dari kondisi awal sebesar 14% meningkat pada siklus 2 menjadi 100%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 86%.
Kata kunci : Sikap Jujur , Hasil Belajar, Pembelajaran Discovery Learning
ABSTRACT
The purpose of this study is to improve honesty in doing assignments and student learning outcomes in basic subjects designing mechanical engineering using discovery learning.
The research procedure used was the Classroom Action Research procedure. This study uses a class action research design consisting of two cycles.
Through learning Discovery Learning can improve honesty in doing basic mechanical design tasks for students of class X TPM-B SMK Negeri 2 Surakarta odd semester 2019/2020 from initial conditions by 28% increased in cycle 2 to 100%, so an increase of 72%. Through discovery learning can improve learning outcomes of basic subjects mechanical engineering design for students of class X TPM-B SMK Negeri 2 Surakarta odd semester 2019/2020 from initial conditions by 14% increased in cycle 2 to 100%, resulting in an increase of 86%.
Keywords: Honest Attitude, Learning Outcomes, Learning Discovery LearningKeywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Hanafiah, & dkk. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Sukmadinata, N.S. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v13i1.39309
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Syarif Ananto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.