RANCANG BANGUN ALARM FOKUS UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN KONSENTRASI SISWA SAAT BELAJAR

Deny Nusyirwan, Muhammad Aris Akbar, Prasetya Perwira Putra Perdana

Abstract


Konsentrasi sangat penting dan sangat dibutuhkan bagi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran agar kompetensi yang diharapkan dapat dikuasai dan tercapai dengan baik. Pentingnya konsentrasi bagi siswa merupakan proses bagi siswa untuk dapat belajar dan berhasil mencapai tujuan pembelajaran. Dari hasil observasi didaptkan permasalahan utama yang dapat mengganggu konsenstrasi siswa ketika sedang belajar didalam kelas, yaitu siswa ribut atau berbicara dengan rekannya ketika guru menerangkan pelajaran. Dengan latar belakang tersebut diperlukan sebuah inovasi yang berbasiskan teknologi mikrokontroler yang dinamakan Alarm Fokus. Alarm akan berbunyi ketika guru menekan saklar tekan sehingga siswa akan kembali konsentrasi pada pelajaran. Penelitian ini memanfaatkan design thinking dengan pendekatan proses desain rekayasa konsep Double Diamond yang diperkenalkan oleh British Design Council. Dimulai dengan etnografi di SDN 003 Binaan Tanjungpinang Kota, observasi dan wawancara dengan siswa, brainstorming terhadap permasalahan-permasalahan yang ditemukan di sekolah, dan berdiskusi untuk menentukan permasalahan utama. Dari hasil uji fungsi dan pengujian kegunaan menunjukkan bahwa purwarupa yang dihasilkan dapat berfugsi dengan baik dan calon pengguna juga memberikan tanggapan yang memuaskan.

Keywords


konsentrasi; siswa; mikrokontroler; etnografi

rticle

References


Anggraini C, and Imaniyati, N. (2017). Fasilitas Belajar Dan Manajemen Kelas Sebagai Determinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa, Jurnal Manajerial, Vol. 16, No, 2, p 196 - 204

Bastien J M C. (2017). Usability testing: a review of some methodological and technical aspects of the method, International Journal of Medical Informatics. Vol. 79, No. 4, p e18-e23.

Bliss J, and Chancey E T. (2010). The Effects of Alarm System Reliability and Reaction Training Strategy on Alarm Responses, Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society 54th Annual Meeting, p 2248 - 2252

Collins P K. (2015). Building a Local Design and Entrepreneurship Ecosystem, Procedia Technology, Vol.20, p 258-262

Design approach – mygov.scot | resources [Daring], Tersedia pada : https://resources.mygov.scot/37f87d5/designing-public-services-in-scotland/why-we-need-design-for-public-services-in-scotland/design-approach/ [ Diakses : 11 Agustus 2019 ].

Johnson G I, Clegg, C W, and Ravden, S J. (1989). Towards Practical User Experience Evaluation Methods, Jornal of Applied Ergonomics. Vol. 20, No.4, p 255-260

Joore P, and Brezet H. (2015). A Multilevel Design Model: The Mutual Relationship Between Product-Service System Development And Societal Change Processes, Journal of Cleaner Production, Vol. 97, p 92-105

Muhamad H, Efendi A,, dan Basori, (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa, Jurnal Ilmiah Teknik dan Kejuruan, Vol. 12, No.1, p 56-64

Nusyirwan D. (2017). Engineering Design Process Engineering Student Centered Experience Learning (ESCEL) di Jurusan Teknik Elektro Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH). Jurnal Sustainable. Vol. 6, No. 1, p 24-35

Pereira J C, and Russo R F S M. (2018). Design Thinking Integrated in Agile Software Development: A Systematic Literature Review, Procedia Computer Science, Vol. 138, p 775-782

Sekolah Kita [Daring], Tersedia pada : http://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=11001802 [ Diakses : 11 Agustus 2019 ].

Shergian A, and Immawan T. (2014). Design of Innovative Alarm Clock Made From Bamboo With Kansei Engineering Approach, Agriculture and Agricultural Science Procedia 3, p 184 – 188

Tirani A A. (2017). Hubungan Antara Kebiasaan Belajar, Fasilitas Belajar Dan Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri Se-Kecamatan Pajangan, Jurnal Pendidikan Matematik, Vol. 5, No. 1, p 59-66

Us T, Jensen M, Lind N, and Jorgensen S. (2011). Fundamental Principle of Alarm Design, International Journal of Nuclear Safety and Simulation, Vol. 2, No 1, p 44-51

Valouch, J. (2012). Integrated Alarm Systems, Researchgate

von Saucken C, Lachner F, and Lindemann U. (2014). Principles for User Experience What We Can Learn from Bad Examples, International Conference on Kansei Engineering & Emotion Research

Wagner C, Kawulich B, and Garner M. (2012). Collecting Data Through Observation, Doing Social Research: A global context. McGraw Hill




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v14i1.34573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Deny Nusyirwan, Muhammad Aris Akbar, Prasetya Perwira Putra Perdana

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.