PERBANDINGAN NILAI HEAT TRANSFER PADA PENAMBAHAN MATERIAL COMPOSIT BATU BATA SEBAGAI UPAYA EFISIENSI ENERGY BANGUNAN GEDUNG

Budi Siswanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbandingan penggantian sebagian tanah liat oleh fly ash, abu sekam padi dan abu jerami padi dilihat dari nilai berat jenis, susut bakar, kuat tekan, porositas dan conductivity batu bata komposit; (2) persentase optimal penggantian sebagian tanah liat oleh fly ash, abu sekam padi dan abu jerami padi dilihat dari nilai berat jenis, susut bakar, kuat tekan, porositas dan conductivity batu bata komposit untuk mendapatkan batu bata dengan daya hambat panas maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Karakteristik batu bata yang diuji pada penelitian ini adalah berat jenis, susut bakar, porositas, kuat tekan, dan konduktivitas termal. Benda uji yang digunakan terbuat dari tanah liat dengan campuran fly ash, abu sekam padi dan abu jerami padi dengan dimensi 23 cm x 11 cm x 5 cm. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, ada pengaruh penggantian sebagian tanah liat terhadap nilai thermal conductivity (Fhitung 57,927 > Ftabel 4,67). Kedua, Persentase 50% merupakan persentase optimal penggantian sebagian tanah liat dengan daya hambat panas sebesar 0,201 Kcal/mhºC.


Keywords


batu bata, fly ash, abu sekam padi, abu jerami padi, konduktivitas termal

Full Text:

PDF
rticle

References


ASTM. (1997). ASTM-C177-1997.Standard Test Method for Steady-State Heat Flux Measurement and Thermal Transmission Properties by Means of the Guarded-Hot- Plate Apparatus. ASTM International: USA

Badan Standarisasi Nasional. (2006). Standar Nasional Indonesia. SNI 15-2094-2000. Bata Merah Pejal untuk Pasangan Dinding. Dewan Standarisasi Indonesia, Jakarta.

Kilang, C. (2012). Skripsi: Pengaruh Penggantian Tanah Liat Oleh Fly Ash Batu Bara dan Lama Pembakaran Terhadap Karakteristik Fisis dan Mekanis Batu Bata. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Kusdiyono & Rochadi. (2012). Jurnal: Pengaruh Pemanfaatan Limbah Batubara (Fly Ash) Terhadap Kekuatan Tekan Mortar Type M. Politeknik Negeri Semarang, Semarang.

Noerwarsito, V.T & Santosa. (2006). Jurnal: Pengaruh “Thermal Properties” Material Batu Bata dan Batako sebagai Dinding, Terhadap Efisiensi Enerji dalam Ruang di Surabaya. Universitas Kristen Petra, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v12i2.32748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Budi Siswanto

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.