PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X JURUSAN MULTIMEDIA SMK BATIK 2 SURAKARTA

Tsaqofatun Fani Dzahabiyah, Basori Basori, Dwi Maryono

Abstract


Model Pembelajaran tutor sebaya merupakan model yang mana dalam proses pembelajarannya setiap peserta didik dipasangkan dengan peserta didik lain yang berperan sebagai tutor. Sedangkan model pembelajaran PBL merupakan model pembelajaran berbasis permasalahan (Problem Based Learning) yang digunakan di SMK Batik 2 Surakarta. SMK Batik 2 Surakarta. Penelitian ini digunakan untuk membandingkan penggunaan tutor sebaya dan PBL. Sehingaa penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif dengan metode eksperimen semu atau quasi experimental dan model desain yang akan digunakan adalah “Pretest-Posttest Control Group Design”. Pengujian pada penelitian ini menggunakan 2 uji yaitu uji t dan uji gain ternormalisasi yang hasilnya adalah  1) ada pengaruh terhadap tingkat pemahaman peserta didik antara penggunaan model pembelajaran tutor sebaya dan PBL yang dibuktikan dengan uji t posttest dengan hasil Thitung > Ttabel, yakni 3,392 > 2,023. 2) Penggunaan model pembelajaran belajar tutor sebaya lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran PBL yang dibuktikan dengan uji gain ternormalisasi yang mana dari perhitungan tersebut didapatkan kelas eksperimen memperoleh skor 0,521 yang masuk dalam kategori sedang dan kelas kontrol memperoleh skor 0,203 yang masuk dalam kategori rendah.

Keywords


pengaruh, model pembelajaran, tutor sebaya, PBL, problem based learning, pemahaman, dasar desain grafis

rticle

References


Arjanggi, R. (2010). Metode pembelajaran teman sebaya. Makara. Sosial HUmaniora, 14(2), 91–97.

Indrianie, N. S. (2015). Penerapan Model Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Reported Speech terhadap Hasil Belajar Peserta didik MAN Kota Probolinggo. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 126–132. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/artcle/download/2210/2357

Pangerti, B. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Motivasi Belajar, Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Kelas XI Ilmu Alam Dan Model Sorong. Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 30–49.

Sadulloh. (2007). Kiat Sukses Mengajar di Kelas.Jakarta: Nimal Multima




DOI: https://doi.org/10.20961/jiptek.v14i2.32090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tsaqofatun Fani Dzahabiyah, Basori Basori, Dwi Maryono

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.